Sentimen
Positif (96%)
22 Jun 2024 : 15.33
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Cikarang

Kemenkominfo Sebut Layanan Keimigrasian Mulai Kembali Beroperasi Seiring Pemulihan Sistem PDN

Kompas.com Kompas.com Jenis Media: Nasional

22 Jun 2024 : 15.33
Kemenkominfo Sebut Layanan Keimigrasian Mulai Kembali Beroperasi Seiring Pemulihan Sistem PDN

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut bahwa sebagian layanan keimigrasian mulai kembali beroperasi setelah dilakukan sejumlah langkah pemulihan terkait gangguan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).

Diketahui, layanan imigrasi di bandara internasional sempat terganggu lantaran adanya gangguan pada sistem PDNS.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan, sejumlah layanan terkait keimigrasian telah kembali beroperasi. Seperti, layanan paspor dan visa.

"Langkah-langkah pemulihan terus dilakukan dengan perkembangan sebagai berikut. Pertama, sebagian layanan keimigrasian seperti paspor, visa, izin tinggal, dan perlintasan sudah mulai kembali beroperasi," ujar Semsel dalam keterangannya dikutip dari Antaranews, Sabtu (22/6/2024).

Baca juga: Sistem Imigrasi Sempat Down, Penumpang di Bandara Soekarno Hatta Sebut Tak Ada Lagi Antrean Panjang

Dia juga mengatakan, layanan imigrasi melalui Autogate di Bandara Soekarno Hatta juga telah kembali beroperasi secara bertahap. Meskipun, layanan Autogate di bandara lain masih dalam proses pemulihan.

"Agar proses keimigrasian dapat terus berjalan, layanan kombinasi dengan verifikasi manual juga masih dilakukan, katanya.

Lebih lanjut, Semuel atas nama Kemenkominfo kembali menyampaikan permohonan maaf atas gangguan yang dialami PDNS sejak 20 Juni 2024 sehingga berdampak pada terhambatnya beberapa layanan publik.

Semuel mengatakan, pihaknya terus melakukan upaya-upaya pemulihan secepat-cepatnya, dengan tetap memperhatikan aspek kehati-hatian dan mengutamakan kepentingan publik ataupun pengguna layanan.

Upaya-upaya tersebut, menurut dia, dilakukan secara intensif bersama dengan Badan Siber Sandi Nasional (BSSN), Polri, dan kementerian/lembaga terkait.

Baca juga: Gangguan Sistem PDN Berimbas pada Layanan Imigrasi, Menkominfo: Pemulihan Bertahap

Sebagaimana diberitakan, gangguan pada sistem PDNS sempat menggangu layanan keimigrasian di bandara. Salah satunya, di bandara Soekarno-Hatta pada 20 Juni 2024.

Akibatnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim sempat mengimbau calon penumpang pesawat yang akan bepergian ke luar negeri, agar datang tiga jam lebih awal.

Pasalnya, pemeriksaan imigrasi harus dilakukan secara manual.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, PDN adalah fasilitas penting yang dibuat untuk menyimpan, mengelola, dan mengamankan data dari berbagai instansi pemerintah.

Baca juga: Saat Gangguan Sistem PDN Bikin Semua Layanan Imigrasi Terdampak...

Tujuan didirikan PDN adalah untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan pengelolaan sekaligus memudahkan akses data bagi instansi pemerintahan.

Selain itu, PDN juga dilengkapi dengan sistem perlindungan canggih yang digunakan untuk mencegah kebocoran data dan akses yang tidak sah.

Terkait penggunaan PDN Sementara, diharapkan proses migrasi data center dari instansi pemerintah tetap bisa berjalan secara bertahap.

Pemerintah saat ini masih merampungkan proses pembangunan Pusat Data Nasional pertama di Cikarang, Jawa Barat. Protyek ini diharapkan kelar tahun ini. Selain di Cikarang, PDN juga akan dibangun di Batam dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Baca juga: Calon Penumpang Pesawat Diminta Datang 3 Jam Lebih Awal ke Bandara Imbas Sistem Imigrasi Alami Gangguan

Berikut link berita Antaranews, https://www.antaranews.com/berita/4163418/kemenkominfo-sebagian-layanan-keimigrasian-mulai-kembali-beroperasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sentimen: positif (96.9%)