Sentimen
Positif (92%)
28 Mar 2024 : 18.19

Tingkatkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat, Imigrasi Gorontalo Selenggarakan Sosialisasi E-Paspor

28 Mar 2024 : 18.19 Views 2

Poros.id Poros.id Jenis Media: Regional

Tingkatkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat, Imigrasi Gorontalo  Selenggarakan Sosialisasi E-Paspor

POROS.ID-Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo menyelenggarakan sosialisasi Paspor Elektronik (E-Paspor) sebagai upaya untuk meningkatkan sinergitas dengan instansi terkait di Provinsi Gorontalo dalam penyebaran informasi kepada masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh 8 instansi pemerintahan, termasuk Kantor Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo, serta perwakilan agen travel umrah di Provinsi Gorontalo.

Kegiatan dimulai dengan laporan ketua panitia oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, Iwan Irawan, yang menjelaskan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan sebagai salah satu target kinerja Direktorat Jenderal Imigrasi. Tujuan dari sosialisasi ini adalah meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat terhadap penggunaan paspor elektronik. 

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas kepada masyarakat Gorontalo tentang prosedur pengajuan, manfaat, dan keamanan paspor elektronik.

Setelah laporan pelaksanaan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo, Pagar Butar Butar, memberikan sambutan dan membuka acara. Beliau mengapresiasi kehadiran peserta sosialisasi E-Paspor ini dan menekankan bahwa kehadiran E-Paspor merupakan solusi terhadap permasalahan keamanan data yang menjadi isu global saat ini. E-Paspor memiliki kecanggihan seperti adanya chip biometrik yang meningkatkan keamanan data.

Kakanwil Kemenkumham Gorontalo juga menyampaikan bahwa E-Paspor bukan hanya berfungsi sebagai pelayanan, tetapi juga sebagai fasilitator dalam pembangunan ekonomi masyarakat.

"E-Paspor membuka akses bagi masyarakat untuk mengakses peluang kerja, pendidikan, investasi, dan perdagangan di tingkat internasional, sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan" Tegasnya.

Melalui sosialisasi ini, ia berharap bahwa pemahaman masyarakat Gorontalo tentang pentingnya memiliki paspor elektronik sebagai identitas resmi dalam perjalanan ke luar negeri dapat meningkat. Selain itu, sosialisasi ini juga memberikan pemahaman mendalam tentang prosedur pengajuan, keamanan, dan manfaat paspor elektronik bagi individu dan negara.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian sosialisasi tentang "Paspor Elektronik" oleh Kepala Sub Bidang Perizinan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Ronald. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan reviu Standar Layanan dan Public Campaign tentang pengendalian gratifikasi di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo.

 

Sentimen: positif (92.8%)