Sentimen
Positif (92%)
27 Jun 2023 : 12.38

KPU & Bawaslu Perlu Definisikan Sosialisasi di Luar Masa Kampanye

27 Jun 2023 : 12.38 Views 3

Solopos.com Solopos.com Jenis Media: News

KPU & Bawaslu Perlu Definisikan Sosialisasi di Luar Masa Kampanye

SOLOPOS.COM - Media promosi calon anggota legislatif (caleg) Pemilu 2024 di wilayah DKI Jakarta, Senin (26/6/2023). (Antara/Risky Syukur)

Solopos.com, JAKARTA – Acara-acara bernuansa politik dan pemasangan baliho atau media promosi para calon anggota legislatif (caleg) saat ini kian marak terjadi. Padahal secara resmi saat ini belum masuk dalam tahapan kampanye pemilu. Karena itu The Indonesian Institute (TII) mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendefinisikan secara jelas sosialisasi yang boleh dilakukan peserta Pemilu 2024 di luar masa kampanye.

“Berdasarkan kajian tengah tahun TII bertajuk Sosialisasi Peserta Pemilu dalam Kerangka Implementasi Peraturan KPU Nomor 33 Tahun 2018 terkait Kampanye Pemilihan Umum Jelang Pemilu 2024, kami mendorong KPU dan Bawaslu membuat definisi yang jelas tentang sosialisasi di luar masa kampanye,” kata Manajer Riset dan Program TII, Arfianto Purbolaksono, dalam keterangan tertulis, Selasa (27/6/2023). Arfianto menyampaikan hal tersebut bernilai penting untuk dilakukan agar ada batasan yang jelas bagi para peserta Pemilu 2024 terkait hal-hal yang termasuk dalam pelanggaran saat mereka menyosialisasikan diri ke masyarakat.

PromosiCucok Bun! Belanja Makeup di Tokopedia Sekarang Bisa Dicoba Meski Lewat Online

Hal itu didasarkan pada fakta di lapangan, seperti temuan bahwa seusai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mempertegas sistem proporsional terbuka tetap berlaku pada Pemilu 2024, banyak sekali caleg yang memasang sepanduk, baliho, atau poster di jalan raya. Hal tersebut, menurut dia, menunjukkan adanya ketidakjelasan definisi mengenai sosialisasi oleh peserta pemilu sekaligus lemahnya implementasi PKPU Nomor 33 Tahun 2018 tentang Kampanye. Dengan demikian, para caleg justru menjadikan sosialisasi sebagai ajang kampanye yang seharusnya belum dilakukan.

Berikutnya, TII juga menemukan banyak caleg menyosialisasikan diri melalui media sosial, sehingga memicu persaingan ketat di internal partai politik yang membuka ruang bagi para bakal caleg berlomba memperkenalkan diri kepada pemilih. Terkait hal itu, TII juga mendorong KPU dan Bawaslu memberikan kejelasan terkait sosialisasi di media sosial.

Selanjutnya, TII meminta KPU dan Bawaslu memperkuat sosialisasi kepada parpol peserta pemilu agar mereka tidak melanggar aturan tentang sosialisasi. Lalu, mereka juga mendorong Bawaslu melakukan penegakan hukum jika terjadi pelanggaran.  “Sebagai organisasi pengawas, Bawaslu harus dapat menegakkan aturan dengan memberikan sanksi jika ada peserta pemilu yang melanggar batasan dalam sosialisasi di luar masa kampanye. Diharapkan sanksi yang dijatuhkan bersifat administratif sehingga dapat memberikan efek jera kepada peserta pemilu yang melanggar,” ujar Arfianto.
???????
Terakhir, TII mendorong penguatan masyarakat sipil untuk mengawasi implementasi aturan sosialisasi di luar masa kampanye. Hal ini antara lain  dapat dilakukan bersama Bawaslu dengan membuat pedoman bersama.

Sentimen: positif (92.8%)