Sentimen
Positif (100%)
11 Jun 2023 : 15.18
Informasi Tambahan

BUMN: BNI, PT Pertamina, BRI, PLN, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Tokoh Terkait

BRI Jadi Brand Paling Bernilai di Indonesia versi Brand Finance

11 Jun 2023 : 15.18 Views 3

Indozone.id Indozone.id Jenis Media: News

BRI Jadi Brand Paling Bernilai di Indonesia versi Brand Finance

INDOZONE.ID - BRI dinobatkan sebagai brand dengan valuasi paling tinggi atau paling bernilai di Indonesia oleh Konsultan brand valuation (valuasi merek) terkemuka di dunia, Brand Finance. Dalam Brand Finance Indonesia 100 2023 yang berisikan daftar 100 merek paling kuat dan bernilai, BRI mendapatkan rating AAA dengan valuasi senilai USD4,3 miliar atau setara Rp63,86 triliun (dengan kurs Rp14.850,- per dolar).

Dalam daftar ini, BRI berhasil naik peringkat dari posisi kedua pada 2022 lalu menjadi peringkat teratas di tahun 2023. Apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, valuasi merek BRI tercatat tumbuh 15% secara year on year. Jika ditarik lebih jauh, sejak tahun 2018 valuasi merek BRI telah meningkat sebesar USD1,2 miliar atau tumbuh 38%.

Adapun 10 brand paling bernilai di Indonesia atau ‘Top 10 Most Valuable Indonesia Brands’ versi Brand Finance 100 tahun 2023 secara berturut-turut adalah BRI, Telkom Indonesia, Pertamina, Mandiri, HM Sampoerna, BCA, Gudang Garam, A Mild, PLN, dan BNI.

BRI dinobatkan sebagai brand paling bernilai di Indonesia 2023 versi Brand Finance, dengan valuasi senilai Rp63,86 triliun. (Dok. BRI)

"BRI berhasil menjadi merek dengan nilai tertinggi dan yang melekat di masyarakat. Ini bukti dari keberhasilan perseroan dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat luas," kata Direktur Utama BRI Sunarsodalam pernyataan resmi yang diterima Indozone di Jakarta, Minggu (11/6/2023).

Baca Juga: BRI Jalin Kerja Sama dengan SOGO, Tawarkan Diskon Belanja di Seluruh Outlet

Keberhasilan BRI memuncaki daftar merek paling bernilai di Indonesia tak lepas dari kinerja keuangan yang kuat dari perseroan. Pada 3 bulan pertama (kuartal I) tahun 2023, BRI berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp15,56 triliun, tumbuh 27,4% dibandingkan tahun sebelumnya.

BRI dinobatkan sebagai brand paling bernilai di Indonesia 2023 versi Brand Finance, dengan valuasi senilai Rp63,86 triliun. (Dok. BRI)

“Pencapaian tersebut tak lepas dari komitmen BRI yang mampu menciptakan value secara konsisten dengan fokus tumbuh pada segmen UMKM, dengan pengelolaan risiko yang baik. Di samping itu, BRI juga terus melanjutkan transformasi digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta meningkatkan pelayanan kepada para nasabah,” lanjutnya.

BRI juga terus tumbuh secara anorganik melalui berbagai aksi korporasi. Pada 2022, BRI berhasil mengakuisisi Danareksa Investment Management, dengan tujuan untuk memantapkan diri sebagai one-stop financial services provider. Dari sisi wholesale, BRI menangkap kebutuhan digital nasabahnya dengan meluncurkan QLola pada 2022.

Faktor lain yang membuat valuasi merek BRI terus naik yakni keberadaan super apps BRImo yang telah menjadi aplikasi perbankan dengan pengguna paling banyak di Indonesia. Ada total 26,3 juta pengguna pada akhir kuartal I 2023, dengan volume transaksi finansial mencapai sebesar Rp884 triliun selama 3 bulan, atau meningkat 99,07% yoy.

Baca Juga: Kontribusi Digital Banking Semakin Kokoh, Fee Based Income BRI Tumbuh Double Digit

BRI dinobatkan sebagai brand paling bernilai di Indonesia 2023 versi Brand Finance, dengan valuasi senilai Rp63,86 triliun. (Dok. BRI)

Sunarso menambahkan kehadiran super apps BRImo sejalan dengan perubahan preferensi nasabah yang semakin gemar dengan transaksi digital, khususnya di segmen mikro & ultra mikro. Alhasil layanan perbankan dapat lebih efektif, efisien, dan terintegrasi sesuai dengan journey literasi digital masyarakat Indonesia.

Disamping itu, BRI juga tetap berkomitmen untuk terus melanjutkan keselarasan praktik bisnisnya dengan penerapan prinsip-prinsip environmental, social, & governance (ESG). Hingga akhir Kuartal I 2023, BRI telah menggelontorkan Rp710,9 triliun pembiayaan kepada aktivitas bisnis yang berkelanjutan, angka tersebut menjadi yang tertinggi di Indonesia.

"Kami optimistis komitmen BRI terhadap implementasi ESG akan memberikan nilai tambah bagi para investor global yang saat ini sangat concern terhadap ESG. Bahwa BRI juga bisa menjadi leading global bank terbaik dari sisi implementasi ESG, khususnya dalam hal social empowerment," pungkas Sunarso.

Brand Finance sendiri merupakan konsultan penilaian merek terkemuka di dunia yang telah meriset dan memonitor lebih dari 5.000 merek di 38 negara dan 31 sektor. Sebanyak lebih dari 150.000 responden disurvei setiap tahunnya dan di tahun 2023 ini merupakan tahun ke-7 berturut-turut mereka melakukan penelitian.

Artikel Menarik Lainnya:

Sentimen: positif (100%)