Sentimen
Positif (99%)
20 Apr 2023 : 12.02
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Surabaya

Tokoh Terkait

Sidak Mal Pelayanan Publik Surabaya, Menpan RB Anas: Perlu Dicontoh Daerah Lain

20 Apr 2023 : 19.02 Views 3

Beritajatim.com Beritajatim.com Jenis Media: Politik

Sidak Mal Pelayanan Publik Surabaya, Menpan RB Anas: Perlu Dicontoh Daerah Lain

Surabaya (beritajatim.com) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Abdullah Azwar Anas mengunjungi Mal Pelayanan Publik yang ada di Gedung Siola Surabaya, Rabu (5/10/2022). Di Mal Pelayanan Publik tersebut, ia meninjau beberapa konter pelayanan dari berbagai instansi.

Anas pun sangat mengapresiasi mewahnya Mal Pelayanan Publik Surabaya dan cepatnya pelayanan di tempat tersebut. “Pertama saya sangat mengapresiasi mewahnya dan cepatnya Mal Pelayanan Publik di Surabaya ini. Saya lihat ini sudah ada wajah baru, termasuk sudah ada klinik investasinya dan juga beberapa pelayanan barunya,” kata Anas.

Bagi Kemenpan RB, Mal Pelayanan Publik itu adalah mandat dari presiden, karena etalase dari pelayanan publik adalah seperti mal ini. Menurutnya, presiden sudah menyampaikan kepada Kemenpan RB bahwa reformasi birokrasi itu bukan tumpukan kertas dan tidak boleh bulet, maka reformasi birokrasi itu harus langsung berdampak manfaatnya bagi warga.

“Nah, Mal Pelayanan Publik ini dampaknya langsung terasa bagi warga, apalagi Mal Pelayanan Publik yang pertama di Indonesia itu dimulai dari Jawa Timur,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap ke depannya kabupaten atau kota harus memiliki Mal Pelayanan Publik semacam ini. Tentunya, tidak harus semewah yang ada di Surabaya ini. “Kalau di Surabaya ini top, tempatnya nyaman dan sangat bagus. Bahkan, saya tanya ke warga yang mengurus di sini, ternyata prosesnya cepat dan sangat puas. Jadi, ini perlu dicontoh daerah lainnya bagaimana pelayanan yang exellent bagi warganya,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan bahwa Menteri Anas datang ke Surabaya untuk melihat langsung Mal Pelayanan Publik yang saat ini sudah berubah total dengan wajah barunya. “Sebenarnya, Menteri Anas ini ada acara, namun secara mendadak dia ingin langsung melihat Mal Pelayanan Publik di Siola ini. Makanya tadi juga sempat zoom di Siola ini,” kata Eri.

“Jadi, beliau ini mendadak tadi, tiba-tiba telpon saya sudah di Surabaya dan mau ke Mal Pelayanan Publik. Beliau mengaku ingin mengecek langsung Mal Pelayanan Publik ini. Setelah di sini, alhamdulillah beliau kaget karena memang sekarang sudah berubah total. Kini lebih nyaman dan ada klinik investasinya juga, pengurusannya juga bisa lebih cepat,” lanjutnya.

Ke depan, Eri ingin membentuk Mal Pelayanan Publik di tingkat kelurahan, apalagi sekarang ini sudah ada pelayanan di Balai RW yang semakin mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada warga. “Makanya, semua Balai RW di Surabaya saat ini kita minta perbaiki semuanya,” ujarnya.

Selain itu, Eri juga mengakui bahwa tadi sangat banyak apresiasi dari Menteri Anas terkait Mal Pelayanan Publik itu. Namun, semua apresiasi itu sebenarnya bukan menjadi sebuah kebanggan buat Surabaya, karena ini memang kewajiban Pemkot Surabaya kepada warganya.

“Sebenarnya, penghargaan dan apresiasi itu adalah wujud cinta Pemkot Surabaya kepada warganya yang tentu didukung penuh oleh DPRD Surabaya. Tanpa ada sinergi yang hebat antara pemkot dengan DPRD, tentu semua ini tidak mungkin bisa terwujud. Karena adanya dukungan yang luar biasa dari dewan, maka inilah yang kita berikan kepada warga Kota Surabaya,” pungkasnya. [asg/suf]

Sentimen: positif (99.8%)