Sentimen
Negatif (100%)
17 Apr 2023 : 20.53
Informasi Tambahan

Grup Musik: APRIL

Kasus: covid-19

Tokoh Terkait

Cara-Syarat Batalkan Tiket Kereta Api Mudik-Balik 2023 dengan Beberapa Alasan, Cek Agar Bisa Balik Biaya

17 Apr 2023 : 20.53 Views 2

Prfmnews.id Prfmnews.id Jenis Media: Nasional

Cara-Syarat Batalkan Tiket Kereta Api Mudik-Balik 2023 dengan Beberapa Alasan, Cek Agar Bisa Balik Biaya

PRFMNEWS – Update info tentang cara dan syarat membatalkan tiket kereta api (KA) pada masa mudik dan balik Lebaran 2023 karena berbagai alasan penting dicatat agar Anda dapat menerima kembali biaya pembelian tiket (refund).

Cara dan syarat lengkap pembatalan serta refund tiket kereta api pada periode mudik-balik Lebaran 2023 bisa dilakukan secara online di aplikasi KAI Access maupun offline di loket stasiun terdekat.

Cara dan syarat membatalkan tiket kereta api secara online/offline agar dapat pengembalian uang beli tiket dari PT KAI pada masa mudik-balik Lebaran 2023 ini berlaku mulai tanggal 17 April.

Baca Juga: KAI Rilis Daftar Kereta Api Mudik dengan Tiket yang Sudah Habis Terjual dan Masih Tersedia

Beberapa alasan yang mendasari calon penumpang membatalkan untuk bisa refund tiket KA antara lain belum vaksin booster, positif Covid-19, suhu badan di atas 37,3 derajat Celcius, ada pembatalan atau perubahan jadwal oleh KAI, dan sebagainya.

Alasan-alasan yang akan menentukan apakah biaya beli tiket akan kembali penuh 100 persen atau ada potongan bea administrasi sebesar 25%.

Selain pada KA jarak jauh, cara dan syarat batalkan serta refund tiket yang akan kami rangkumkan dalam artikel ini juga berlaku pada perjalanan KA lokal.

Baca Juga: Jangan Sampai Kehabisan! Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Hanya Tersedia 1.135.835 Kursi

1. Karena calon penumpang positif Covid-19 :
• Dapat dilakukan di Contact Center KAI 121, WhatsApp (WA) 08111 2111 121, atau loket stasiun
• Paling lambat H+7 tanggal keberangkatan
• Biaya tiket kembali penuh 100 %
• Pengembalian biaya atas pembatalan di Contact Center 121 dan WA dengan skema transfer 1x24 jam dari tanggal proses pembatalan
• Pembatalan dapat dilakukan lebih dari satu penumpang bilamana dalam satu kode booking.

Sedangkan apabila ingin melakukan pembatalan di loket stasiun syarat dan ketentuannya adalah:
• Proses pembatalan wajib diwakilkan
• Wajib melampirkan surat kuasa bermaterai dari pemilik tiket kepada yang dikuasakan untuk melakukan pembatalan
• Menunjukkan bukti identitas asli pemilik tiket dan menyerahkan fotokopi bukti identitas asli pemilik tiket
• Dalam hal tiket yang dibatalkan lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama, maka fotokopi bukti identitas dan atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang dimaksud
• Pengembalian bisa langsung tunai oleh petugas loket, atau skema transfer 1x24 jam dari tanggal proses pembatalan.

Baca Juga: KAI Sediakan Diskon Mudik 2023 Hingga 20 Persen, Simak Daftar Kereta Api dan Periode Pemesanannya

2. Karena belum vaksin booster atau anak-anak di bawah 6 tahun tanpa pendamping:
• Dapat dilakukan di loket stasiun atau Contact Center 121, WA 08111 2111 121
• Paling lambat H+3
• Biaya tiket kembali penuh 100 %
• Pengembalian biaya atas pembatalan di loket stasiun langsung tunai, dan di Contact Center 121 atau WA 08111 2111 121 skema transfer 1x24 jam dari tanggal proses pembatalan.

3. Karena suhu badan di atas 37,3 derajat Celcius saat proses boarding:
• Hanya dapat dilakukan di loket stasiun
• Pembatalan dilakukan mulai 3 jam sebelum keberangkatan kereta api dan paling lambat sebelum keberangkatan kereta api
• Pengembalian biaya langsung tunai kembali penuh 100%.

4. Perubahan jadwal oleh KAI:
• Pengaturan penumpang yang terdampak akibat perubahan jadwal perjalanan kereta api yang dilakukan oleh perusahaan
• Pembatalan dapat dilakukan di Contact Center 121, WA 08111 2111 121, atau loket stasiun
• Paling lambat H+7
• Kembali penuh 100 %
• Pengembalian biaya atas pembatalan di loket stasiun langsung tunai, dan di Contact Center 121, WA 08111 2111 121 dengan skema transfer 1x24 jam dari tanggal proses pembatalan.

5. Pembatalan perjalanan KA jarak jauh oleh KAI:
• Di loket stasiun: paling lambat H+7, pengembalian biaya langsung tunai 100 %
• Di Contact Center 121, WA 08111 2111 121: paling lambat H+7, pengembalian biaya transfer 1x24 jam, kembali penuh 100%
• Di KAI Access: paling lambat 2 jam sebelum keberangkatan, pengembalian biaya transfer 1x24 jam, kembali penuh 100%.

6. Pembatalan perjalanan untuk KA jarak dekat atau lokal oleh KAI:
• Hanya di loket stasiun
• Paling lambat H+7
• Kembali penuh 100%
• Sebagai lampiran pembatalan dapat menggunakan reprint tiket:
Apabila penumpang memiliki tiket sifat persambungan, tiket perjalanan PP atau tiket lainnya dapat dikembalikan atau dibatalkan dengan pengembalian 100% paling lambat sebelum jadwal keberangkatan kereta api yang tertera di tiket.

7. Atas inisiatif penumpang (cancel passenger) ingin lakukan pembatalan, atau tidak pakai masker:

A. Untuk KA antar kota di loket stasiun dan tiket box:
• Paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan
• Dikenakan potongan bea administrasi 25% dari tarif pembelian
• Transfer atau tunai kembali biaya pada rentang 30-45 hari kemudian setelah tanggal pembatalan.

B. Untuk KA antara kota di KAI Access:
• Paling lambat 2 jam sebelum keberangkatan
• Dikenakan bea administrasi 25%
• Transfer kembali bea 30 s.d 45 hari kemudian.

C. Untuk KA lokal:
• Hanya di loket stasiun sesuai jam reservasi
• Paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan
• Dikenakan bea administrasi 25%
• Tunai kembali bea 30 s.d 45 hari kemudian.

Untuk pembatalan tiket di stasiun, pastikan Anda membawa KTP asli dan fotokopinya serta isi formulir yang tersedia. Anda dapat meminta bantuan ke ruangan customer service atau tanyakan kepada petugas yang berjaga di stasiun jika mengalami kesulitan.***

Sentimen: negatif (100%)