Tiket KA Lebaran Sudah Bisa Dipesan, Cek Jadwal Selengkapnya
Tirto.id Jenis Media: News
KAI telah menetapkan masa angkutan lebaran pada H-10 sampai dengan H+10 lebaran atau 12 April hingga Mei 2022. Karena KAI menjual tiket pada angkutan lebaran ini mulai H-45, maka per 27 Februari ini, tiket yang sudah dapat dibeli yaitu pada keberangkatan 12 April dan 13 April 2023.
“Sejauh ini, tiket yang terjual untuk keberangkatan tanggal 12 dan 13 April, masih berkisar 2%. Angka ini tentunya akan terus bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung,” tutur VP Public Relations KAI Joni Martinus dikutip dari keterangan tertulis KAI, Jakarta, Senin (27/2/2023).
Pada angkutan lebaran 2023, KAI tengah menyediakan sekitar 3,5 juta tiket kereta api yang terdiri dari tiket KA jarak jauh dan tiket KA lokal. KAI akan terus memantau dan mengevaluasi pergerakan dari penjualan tiket.
Menurut Joni, demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengantisipasi melonjaknya penumpang di masa angkutan lebaran, KAI berencana akan menambah kuota tiket dan jumlah perjalanan kereta api. Hal ini dilakukan setelah adanya Analisa dan evaluasi terkait dengan dinamika permintaan tiket tersebut.
Berikut jadwal lengkap pemesanan tiket KA Lebaran 2023:
Kemudian terkait dengan syarat naik kereta api, KAI sejauh ini masih tetap menerapkan aturan naik kereta api sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan No.84 tahun 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.
Apabila nantinya pemerintah menetapkan perubahan persyaratan naik kereta api, maka KAI akan mendukung dan mematuhi kebijakan tersebut, serta akan segera mensosialisasikan kepada masyarakat.
“Layanan KAI di masa Angkutan Lebaran diharapkan akan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang hendak mudik dengan aman, nyaman, dan selamat,” pungkasnya.
Untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada masa Angkutan Lebaran, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.
Sentimen: negatif (79%)