Sentimen
Positif (100%)
9 Feb 2023 : 15.55
Informasi Tambahan

BUMN: BTN

Kab/Kota: Yogyakarta

Kasus: PDP

Taksiran Ketinggian Literasi Digital Warga Ibu Kota

9 Feb 2023 : 15.55 Views 2

Republika.co.id Republika.co.id Jenis Media: Nasional

Taksiran Ketinggian Literasi Digital Warga Ibu Kota

Indeks literasi digital Indonesia kembali mengalami peningkatan pada 2022. Hasil tersebut tergambar dari survei Status Literasi Digital Indonesia 2022, yang dilakukan Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC).

"Pada 2020 Indonesia hanya memperoleh skor 3,46 poin, kemudian 2021 naik menjadi 3,49 poin (naik 0,03 poin). Tahun ini, Indonesia berhasil naik 0,05 poin dari 3,49 menjadi 3,54 poin,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, pada Peluncuran Status Literasi Digital Indonesia 2022 di Menara Danareksa Jakarta, Rabu (01/02/2023).

Ternyata DKI Jakarta tidak masuk peringkat tiga besar dalam laporan Indeks Literasi Digital 2022. Posisi tiga besar ditempati DI Yogyakarta (3,64), Kalimantan Barat (3,64), dan Kalimantan Timur (3,62), sementara DKI Jakarta menempati posisi delapan dengan indeks 3,59.

Menyoroti data itu, Ketua Umum Siberkreasi Donny Budhi Utoyo mengatakan, Siberkreasi selama ini berfokus ke wilayah Indonesia timur sebagai prioritas sosialisasi literasi digital selama pandemi lalu. “Jadi, berbondong-bondong kawan di literasi digital memperkuat wilayah timur. Makanya dibangun infrastruktur dan edukasi literasi digital,” kata Donny saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2023).

Donny mengatakan, edukasi yang lebih masif tentu menimbulkan kenaikan yang tinggi untuk mengatasi ketimpangan indeks di daerah tersebut. Selain itu, Donny beranggapan tim literasi digital memilih Indonesia timur juga karena menganggap infrastruktur dan sumber daya di Jakarta relatif lebih baik.

“Waktu itu kan kita bicara pandemi, kita lihat, mungkin wilayah kota besar itu relatif lebih mudah mendapatkan akses informasi dibandingkan timur. Makanya, angkanya seolah-olah kok lebih tinggi. Sebenarnya sama-sama tumbuh,” ujar Donny.

Namun, berdasarkan hasil survei, Donny mengatakan, data mematahkan asumsi bahwa Jakarta memiliki literasi digital yang tinggi. “Hal itu yang akan menjadi catatan. Jangan-jangan, kita terlalu overestimate sama Jakarta dan ekosistemnya,” kata Donny.

Untuk menaikkan indeks literasi digital di Jakarta, Donny mengatakan, Siberkreasi akan menggandeng PGRI dan komunitas guru TIK untuk menyasar orang tua dan murid.

“Belum tentu infrastruktur baik, literasinya juga baik, atau sebaliknya. Ini bicara aksesibilitas, daya beli bandwidth, dan pemahaman literasi digital, critical thinking. Itu dua hal yang berbeda, tetapi bisa saling terkait,” ujar dia.

UMKM dan Edukasi Data Pribadi

Sebagai upaya meningkatkan literasi digital masyarakat, Grup GoTo atau PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk juga melakukan peningkatan literasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terkait pelindungan data pribadi. GoTo pun menggandeng Siberkreasi untuk menjangkau mitra usaha di berbagai daerah dalam upaya meningkatkan literasi digital.

SVP Group Head of Data Protection and Privacy Officer (DPPO) GoTo Leny Suwardi menekankan pemahaman UMKM tentang data pribadi sangat penting. “Kami percaya pemahaman UMKM terhadap keamanan data merupakan bagian dari literasi digital yang krusial,” kata Leny dalam acara jumpa pers di Jakarta Pusat, Senin (6/2/2023).

Leny mengatakan, menciptakan ekosistem digital yang benar-benar aman itu membutuhkan kerja sama berbagai pihak, seperti teknologi yang mumpuni, regulasi yang memadai, serta pengguna teknologi yang mengerti cara menjaga data dan privasi. Menurut dia, pemahaman UMKM terhadap pentingnya perlindungan data pribadi akan membuat ekosistem GoTo semakin aman dan dipercaya konsumen. “Karena itu, kami berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam peningkatan literasi digital bagi Indonesia,” ujar dia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyusun Peta Jalan Literasi Digital 2021-2024 menggunakan sejumlah referensi global dan nasional. Dalam peta jalan ini dirumuskan empat kerangka literasi digital untuk penyusunan kurikulum, yaitu digital skills, digital safety, digital ethics, dan digital culture.

Tidak hanya dari sisi kepatuhan dan teknologi, GoTo melakukan berbagai inisiatif meningkatkan standar pelindungan data secara menyeluruh bagi perusahaan, pengguna, karyawan, dan seluruh mitra ekosistem.

Di antaranya, setiap unit usaha GoTo memiliki standar keamanan terbaik di industri, beberapa contoh di antaranya perolehan sertifikasi ISO 27001 untuk manajemen keamanan informasi, ISO 27701 untuk sistem manajemen informasi privasi, dan PCI DSS untuk standar keamanan data industri kartu pembayaran.

Selain itu, dilakukan juga pembentukan pejabat dan tim khusus yang menjalankan fungsi perlindungan data pribadi (data protection officer) sesuai amanat Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP), dengan sistem dan proses yang setara dengan best practice global.

GoTo juga menggelar kampanye keamanan data pribadi, seperti program #JAGA dari Gojek dan GoTo Financial, khususnya ke pengguna aplikasi dan UMKM. Pengesahan UU PDP di Indonesia pada Oktober 2022 juga menandakan babak baru literasi digital di Indonesia.

Meskipun Indeks Literasi Digital Indonesia 2022 terus meningkat dari sebelumnya, di sisi lain, data Katadata Insight Center dan Kementerian Kominfo pada 2021 menunjukkan 57,1 persen usaha kecil berharap adanya masa sosialisasi untuk mempermudah penerapan UU PDP karena pemahaman mengenai aturan UU PDP saat ini masih cukup rendah.

 

Jangan-jangan, kita terlalu overestimate sama Jakarta dan ekosistemnya.

DONNY BU, Ketua Umum Siberkreasi

 

").attr({ type: 'text/javascript', src: 'https://platform.twitter.com/widgets.js' }).prependTo("head"); if ($(".instagram-media").length > 0) $("").attr({ type: 'text/javascript', src: 'https://www.tiktok.com/embed.js' }).prependTo("head"); $(document).on("click", ".ajaxContent", function(t) { var e; t.preventDefault(); Pace.restart(); var a = $(this).attr("href"); var b = $(this).attr("data-id"); $(".btn-selengkapnya-news").show(); $(".othersImage").addClass("hide"); $(this).hide(); $("." + b).removeClass("hide"); return e ? (Pace.stop(), document.getElementById("confirm_link").setAttribute("href", a), $("#modal_confirm").modal()) : ($("*").modal("hide"), void $.get(a, function(t) { $("#" + b).html(t.html); console.log("#" + b); }).done(function() { $(".collapse").fadeOut(); $("#" + b).fadeIn(); }).fail(function() { $("#modal_alert .modal-body").html(fail_alert), $("#modal_alert").appendTo("body").modal() })) }); $(".body-video").on('loadedmetadata', function() { if (this.videoWidth < this.videoHeight) this.height = 640; this.muted = true; //console.log(this.videoHeight); } ); window.onload = function() { var videos = document.getElementsByTagName("video"), fraction = 0.8; function checkScroll() { if (videos.length > 0) { for (var i = 0; i < videos.length; i++) { var video = videos[i]; var x = video.offsetLeft, y = video.offsetTop, w = video.offsetWidth, h = video.offsetHeight, r = x + w, b = y + h, visibleX, visibleY, visible; visibleX = Math.max(0, Math.min(w, window.pageXOffset + window.innerWidth - x, r - window.pageXOffset)); visibleY = Math.max(0, Math.min(h, window.pageYOffset + window.innerHeight - y, b - window.pageYOffset)); visible = visibleX * visibleY / (w * h); if (visible > fraction) { video.play(); } else { video.pause(); } } } } window.addEventListener('scroll', checkScroll, false); window.addEventListener('resize', checkScroll, false); }; // window.fbAsyncInit = function() { // FB.init({ // appId: '700754587648257', // xfbml: true, // version: 'v14.0' // }); // }; // (function(d, s, id) { // var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; // if (d.getElementById(id)) { // return; // } // js = d.createElement(s); // js.id = id; // js.src = "https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js"; // fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); // } // (document, 'script', 'facebook-jssdk')); // $(".share_it a,.share-open-fix li").on("click", function() { // url = window.location.href; // s = $(this).parents("div.blok_quot").children("div.blog-post-actions").children("div.pull-left").text().replace(/[^a-z0-9\s]/gi, '').replace(/[_\s]/g, '+'); // c = $(this).parents("div.blok_quot").children("div.quote-text").text().replace(/[^a-z0-9\s]/gi, '').replace(/[_\s]/g, '+'); // content = c + " - " + s; // if ($(this).children().hasClass("fa-facebook")) { // img = document.querySelector("meta[property='og:image']").getAttribute("content"); // FB.ui({ // method: 'share_open_graph', // action_type: 'og.shares', // action_properties: JSON.stringify({ // object: { // 'og:url': url, // 'og:title': "", // 'og:description': c, // 'og:og:image:width': '610', // 'og:image:height': '409', // 'og:image': img // } // }) // }); // console.log(img); // } else if ($(this).children().hasClass("fa-twitter")) { // window.open("https://twitter.com/intent/tweet?text=" + content + " " + url); // } else if ($(this).children().hasClass("fa-whatsapp")) { // window.open("https://api.whatsapp.com/send?utm_source=whatsapp&text=" + content + " " + url + "?utm_source=whatsapp"); // } // return false; // }); });

Sentimen: positif (100%)