Sentimen
Informasi Tambahan
Institusi: Universitas Indonesia
Kab/Kota: bandung, Semarang, Surabaya, Taman Sari, Solo
Sukses Mooryati Soedibyo, Bisnis Mustika Ratu Dimulai dari Sebuah Garasi
Solopos.com Jenis Media: News
SOLOPOS.COM - Mooryati Soedibyo (JIBI/Bisnis/Dok.)
Solopos.com, JAKARTA – Nama Mooryati Soedibyo, pendiri perusahaan kosmetik ternama Mustika Ratu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.
Tak hanya sukses di bisnis, Mooryati Soedibyo juga sempat memasuki panggung politik dan menjadi Wakil Ketua II MPR pada 2004-2009.
PromosiHyperlocal Tokopedia Bikin Omzet Jualan Online Meroket 147%
Kesuksesan lain yang akan selalu diingat orang adalah sumbangsih Mooryati untuk kaum wanita Indonesia berupa kontes pemilihan Puteri Indonesia yang digelar setiap tahun hingga saat ini.
Siapa sangka di balik kesuksesannya melanglang dunia, bisnis Mooryati berawal dari garasi.
Melansir dari Kepustakaan Kongres Wanita Indonesia, Mooryati adalah salah satu cucu Sri Susuhunan Pakoeboewono X yang lahir di Solo, 5 Januari 1928 dan dibesarkan dengan tradisi Keraton Solo yang kental dengan budaya.
Sejak usia tiga tahun, Mooryati sudah lekat sekali didikan ningrat yang menekankan pada tata krama, seni tari klasik, karawitan, membatik hingga mengenal tumbuh-tumbuhan berkhasiat, meramu jamu dan kosmetika tradisional dari bahan alami.
Didikan masa kecil itu berpengaruh pada gaya hidupnya bahkan menjadi gerbang pembuka dirinya hingga bisa menjadi pengusaha sukses seperti saat ini.
“Ayah saya gigih dalam hal pendidikan, dan itu juga salah satu faktor motivasi saya untuk terus belajar. Saya adalah angkatan pertama yang pergi ke universitas pada akhir pekan untuk menyelesaikan gelar doktor saya di bidang manajemen strategis di Universitas Indonesia sambil memiliki tujuh anak di rumah,” jelasnya dikutip dari Tatler Asia, Senin (2/1/2023).
Mooryati seakan membuktikan kepada dirinya sendiri dan kepada semua orang di sekitarnya bahwa seorang wanita mampu mencapai apa saja jika ada kemauan.
Bisnis dari GarasiBerkat kepiawaiannya dalam meracik jamu yang dilakukan sejak masih belia, membuat membuat teman-temannya memesan produk ramuan jamu resep Keraton Solo.
Ketika memulai usaha, Mooryati kerap dicibir orang-orang terdekatnya kala itu.
Mereka memandang berdagang adalah pekerjaan yang tabu, rendah dan nista bagi Mooryati yang seorang keturunan Keraton.
Tapi itu tidak menyulutkan semangatnya. Melihat adanya peluang bisnis, Mooryati mulai memproduksi jamu, ramuan tradisional bumbu dan rempah lokal dari garasi rumahnya.
Tak butuh waktu yang lama bagi Mooryati untuk mengembangkan bisnisnya.
Dua tahun berselang berdirilah PT Mustika Ratu pada tahun 1975 yang memproduksi jamu dan kosmetik dari bahan alami.
Sedangkan untuk bisnis produk kecantikannya dimulai pada tahun 1976.
Lalu pada 1978, Mustika Ratu mulai mendistribusikan produknya ke salon-salon kecantikan yang menjadi agennya di wilayah Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung dan Medan.
Mustika Ratu menjelma menjadi perusahaan jamu dan kosmetik terbesar di Indonesia.
Pencatatan saham Mooryati untuk kali pertama dalam jajaran nama perusahaan di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 27 Juli 1990.
Pada 2000, perseroan memperluas distribusi produk dan franchise spa hingga ke negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur.
Produknya pun diterima di pasaran dan mulai diekspor ke 20 negara, di antaranya Rusia, Belanda, Jepang, Afrika Selatan, Timur Tengah, Malaysia dan Brunei.
800 ProdukProduknya juga berkembang menjadi 800 buah produk, mulai dari balita, umum, super, dan premium.
Hari ini, PT Mustika Ratu Investama adalah perusahaan payung menyeluruh dari PT Mustika Ratu, PT Mustika Ratu Buana Internasional, PT Mustika Ratu Centre, PT Mustika Princess Hotel, Taman Sari Royal Heritage Spa, Java Princess, dan penyelenggara kontes kecantikan Yayasan Puteri Indonesia.
Sebagai informasi, ajang Puteri Indonesia dirinya cetuskan setelah menyaksikan acara Miss Universe di Bangkok tahun 1990.
Hal serupa ingin dia terapkan di negaranya untuk membuat wanita Indonesia percaya diri tampil di dunia internasional.
Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Mooryati Soedibyo, Putri Keraton yang Sukses Berbisnis Jamu”
Sentimen: positif (79%)