Sentimen
Informasi Tambahan
Kab/Kota: Senen, Gambir
Tokoh Terkait
Sekitar 36.000 Pengguna Jasa Kereta Api Jarak Jauh Tinggalkan Jakarta Sehari Jelang Natal
Merahputih.com Jenis Media: News
MerahPutih.com - Pengguna jasa kereta api jarak jauh di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Jakarta Pusat, masih ramai sehari menjelang perayaan Natal 2022, Sabtu.
"Total hari ini terdapat sekitar 36.100 pengguna jasa yang akan berangkat, baik itu dari Stasiun Pasar Senen dan juga Stasiun Gambir," kata Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Eva Chairunisa di Stasiun Gambir Jakarta, Sabtu.
Baca Juga:
Pemasangan Rel Kereta Api Cepat Dihentikan Sampai Hasil Investigasi Kecelakan Kelar
Ia mengatakan pengguna jasa di area Daop 1 Jakarta yang berangkat menggunakan kereta api jarak jauh diperkirakan masih mengalami peningkatan yang cukup signifikan mengingat penjualan tiket masih dilakukan untuk perjalanan sampai KA terakhir malam nanti.
Eva mengatakan total tempat duduk yang dialokasikan selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 mulai 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 sebanyak 736.406 kursi.
Total KA yang disiapkan berjumlah 1.221 unit, dengan rata-rata operasional per hari berkisar 68 unit KA. Sedangkan KA tambahan berjumlah 339 unit dengan operasional per hari berkisar 19 unit KA.
Eva mengatakan untuk Stasiun Gambir hari ini terdapat sekitar 13.900 orang pengguna jasa yang berangkat dengan layanan operasional 37 unit KA.
Sedangkan pengguna jasa di Stasiun Pasar Senen terdapat sekitar 22.200 penumpang yang berangkat dengan layanan operasional KA sebanyak 32 unit KA itu, sudah termasuk perjalanan rangkaian KA tambahan.
Baca Juga:
Syarat Baru Naik Kereta Api selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023
"Jadi memang dalam rangka menyiapkan Natal dan tahun baru ini kami persiapkan dari berbagai sisi, baik itu sarana prasarana ataupun petugas," katanya.
Dari mulai penambahan KA per hari sekitar 19 sampai dengan 20 unit KA yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, hingga melakukan penambahan petugas pengamanan hingga 600 personel gabungan.
Selain itu, KAI juga menempatkan customer service mobile yang berada di area zona 3 atau steril, sebelum penumpang naik ke kereta api.
"Jumlahnya kami tambah dengan harapan bisa membantu pengguna untuk mendapatkan informasi yang mungkin belum diketahui dan juga mengarahkan calon pengguna jasa ataupun pengantar agar tidak menumpuk di satu titik tertentu sehingga tidak mengganggu penumpang," katanya.
Khusus untuk Stasiun Pasar Senen dan Gambir, kata Eva, KAI juga menambah area-area boarding atau pemeriksaan tiket sehingga antrean penumpang pada saat akan naik ke kereta ini bisa lebih terurai. (*)
Baca Juga:
KAI Siapkan Tujuh Kereta Api Jarak Jauh di Libur Natal dan Tahun Baru 2023
Sentimen: negatif (91.4%)