Sentimen
Informasi Tambahan
Grup Musik: IZ*ONE
Tips Menjaga Keamanan Kantor saat Bekerja Jarak Jauh
Jawapos.com Jenis Media: Nasional
JawaPos.com – Keamanan lingkungan kantor memang sangat penting untuk diperhatikan. Penggunaan merek CCTV terbaik jelas sangat dibutuhkan supaya area kantor tetap bisa diawasi dan terjamin keamanannya. Ini akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua karyawan yang bekerja di lingkungan kantor tersebut. Hal ini juga sangat menguntungkan perusahaan karena terhindar dari berbagai tindak kejahatan.
Pemakaian CCTV ini juga sangat penting apalagi jika karyawan bekerja dari rumah atau remote. Saat para pekerja bekerja dari rumah maka lingkungan kantor butuh penjagaan yang jauh lebih ketat. Kini pemakaian CCTV bisa jadi solusinya karena memungkinkan siapa saja untuk memantau situasi kantor walaupun tidak berada di sana secara langsung.
Keamanan Kantor yang Perlu Diperhatikan
Kantor memang menjadi salah satu lingkungan umum yang sangat penting untuk diperhatikan keamanannya. Kantor menjadi tempat dimana para karyawan bekerja dan seharusnya merasa aman. Berikut ini beberapa aspek keamanan kantor yang memang sebaiknya diperhatikan dengan baik:
1. Lingkungan
Aspek pertama yang harus diperhatikan adalah keamanan lingkungan. Jelas ini menjadi salah satu faktor utama yang membuat karyawan merasa nyaman dan aman bekerja di kantor. Apalagi saat harus bekerja dari rumah, keamanan lingkungan kantor harus dipastikan benar-benar terjaga dengan baik.
Lingkungan kerja ini sangat luas apalagi jika kapasitas kantornya juga besar. Mulai dari lingkungan kerja setiap karyawan per divisi atau lingkungan kerja karyawan secara menyeluruh di semua bagian kantor. Setiap bagian tersebut harus dipastikan aman dan terhindar dari orang-orang yang mencurigakan.
Lingkungan kantor yang aman akan membuat karyawan merasa nyaman. Produktivitas bisa meningkat berkat kondisi lingkungan yang aman tersebut. Meskipun bekerja dari rumah, tapi hal ini tetap harus diperhatikan supaya bisa merasa kembali nyaman saat harus bekerja dari kantor.
2. Data Kantor
Hal lain yang harus diperhatikan keamanannya di sebuah kantor adalah data-data penting. Setiap perusahaan pasti punya data yang harus dijaga keamanannya karena berpengaruh pada pengelolaan kantor itu sendiri. Semua data ini harus dijaga dengan baik dan tidak seharusnya bisa diakses oleh orang-orang yang tidak berkepentingan.
Perlu diketahui bahwa di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak orang bisa melakukan kejahatan cyber dengan mengakses data-data pribadi perusahaan. Data-data tersebut kemudian bisa disalahgunakan dan akan memberi kerugian bagi perusahaan itu sendiri.
Hal semacam ini tentu saja harus diwaspadai dan diantisipasi oleh pihak kantor. Caranya bisa beragam, mulai dari membentuk tim IT yang solid hingga memberlakukan sistem akses yang ketat. Bisa juga dengan memasang CCTV yang bisa membantu mengawasi tempat-tempat penyimpanan data di kantor.
3. Akses Keluar Masuk
Selanjutnya akses keluar masuk juga harus diperhatikan keamanannya. Mulai dari penentuan titik akses keluar masuk di area kantor. Sebaiknya pihak kantor benar-benar memperhitungkan titik mana saja yang bisa jadi pintu masuk dan keluar. Ini dilakukan supaya tim keamanan bisa lebih mudah mengawasi siapa saja yang masuk dan keluar kantor.
Dalam hal ini penggunaan teknologi memang sangat dibutuhkan. Kantor perlu menghadirkan teknologi yang bisa mendukung pengawasan akses keluar masuk orang-orang kantor. Bisa juga dilengkapi sistem alarm yang akan membantu mencegah orang-orang tidak berkepentingan untuk masuk ke lingkungan perkantoran.
Keamanan kantor memang meliputi banyak aspek dan semuanya harus diperhatikan dengan baik. Apalagi jika tim Anda bekerja dari rumah. Lokasi kantor memang tetap harus ada agar tim bisa bertemu dan bekerja lebih optimal. Namun saat harus bekerja dari rumah maka penjagaan keamanan perlu diperketat dan pemakaian teknologi perlu dilibatkan agar tetap bisa mengawasi kantor meskipun dari jarak jauh sekalipun.
Tips Menjaga Keamanan Kantor
Penjagaan keamanan kantor memang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi jika tim yang bekerja di dalamnya tidak ada langsung di lokasi kantor. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan demi menjaga keamanan lingkungan kantor saat diberlakukan sistem kerja dari rumah:
1. Bentuk Tim Security yang Kompeten
Faktor pertama yang berpengaruh dalam sistem keamanan kantor adalah tim security atau tim keamanan yang bekerja. Tim tersebut harus terdiri dari orang-orang yang kompeten di bidangnya. Jika tim keamanan yang bekerja cukup kompeten dan benar-benar berpengalaman dalam menjaga lingkungan maka proses penjagaan bisa lebih efektif.
Tim keamanan sebenarnya menjadi salah satu bagian SDM yang wajib ada di sebuah kantor. Kantor jenis apapun akan selalu membutuhkan tim keamanan yang benar-benar bisa bekerja secara efektif dan efisien. Apalagi jika kantor ditinggal oleh para pekerjanya karena diberlakukan sistem WFH atau work from home.
Perlu diketahui bahwa SOP yang diikuti oleh tim keamanan juga akan berpengaruh besar pada sistem keamanan kantor. Jadi penting sekali untuk menyusun SOP yang tepat sehingga semua tim keamanan bisa bekerja secara optimal. Ini akan membantu semua anggota tim keamanan untuk melindungi area kantor secara menyeluruh.
2. Tentukan Akses Keluar Masuk yang Jelas
Penentuan akses keluar masuk ke lingkungan kantor juga sangat berpengaruh pada sistem keamanan. Akses keluar masuk ini harus diperhitungkan dengan baik sehingga tidak ada lagi orang-orang asing yang masuk ke dalam area kantor. Sangat disarankan untuk meletakkan akses keluar masuk di satu titik saja. Ini akan mempermudah proses pengawasan.
Jika memang harus diletakkan di titik yang berbeda maka pastikan ada penjagaan yang ketat di sana. Perlu diberlakukan sistem keluar masuk yang efektif dan efisien untuk memastikan tidak ada orang-orang yang tidak berkepentingan masuk ke area kantor. Jika sistem seperti ini diberlakukan maka keamanan area kantor pasti bisa dikendalikan dengan lebih mudah.
3. Gunakan Akses Kontrol Sistem
Langkah berikutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan lingkungan kantor saat ditinggal bekerja dari rumah adalah menerapkan sistem akses kontrol. Sistem ini sebenarnya sudah cukup umum diterapkan di beberapa lokasi kantor. Biasanya mereka akan menggunakan sistem kontrol akses yang sudah dikonfigurasi dengan sistem tertentu.
Setiap karyawan yang memiliki hak masuk ke kantor akan mendapatkan akses berupa kartu , sidik jari atau yang lainya . Tanpa adanya akses, orang asing dari luar kantor tidak bisa mendapatkan izin untuk masuk. Namun jika ada orang lain yang berkunjung karena kepentingan tertentu maka ada akses khusus sebagai visitor.
Sistem akses kontrol ini memang sangat membantu perusahaan untuk mencatat siapa saja yang keluar masuk area kantor. Identitas orang-orang yang masuk dan keluar bisa lebih mudah untuk dideteksi. Saat ada kejadian-kejadian yang aneh dan mencurigakan maka kantor bisa langsung mengakses daftar orang-orang tersebut.
4. Pasang Kamera CCTV
Ini menjadi salah satu tips penting dalam menjaga keamanan di lingkungan kantor. Pemakaian CCTV memang selalu jadi solusi efektif untuk menjaga dan mengawasi keamanan sebuah lingkungan. Adanya CCTV bisa membantu Anda lebih mudah mengontrol apa saja yang terjadi di area kantor meskipun tidak berada di kantornya langsung.
Pilih produk CCTV yang punya kualitas bagus dan dilengkapi teknologi canggih. Perhatikan juga fitur-fitur yang ada pada CCTV tersebut dan pastikan benar-benar bisa mendukung pengawasan lingkungan kantor secara optimal. Selain itu perhatikan juga titik mana saja yang sebaiknya dipasangi CCTV agar jangkauan pengawasan bisa jauh lebih luas.
Penggunaan smart CCTV camera di area kantor memang sangat direkomendasikan. Apalagi jika Anda bekerja dari rumah dan ingin mengawasi area kantor secara fleksibel. Teknologi ini mendukung Anda untuk melakukan pengawasan keamanan kantor dari mana saja lewat smartphone. Koneksikan langsung perangkat CCTV dengan smartphone sehingga kondisi kantor bisa lebih mudah untuk dipantau.
5. Lakukan Evaluasi
Jangan pernah lupa untuk melakukan evaluasi. Cari tahu bagaimana sistem keamanan yang sudah diterapkan di lingkungan kantor. Apakah sudah cukup efektif dan kualitas keamanan kantor benar-benar terjaga dengan baik? Evaluasi ini sangat penting untuk dilakukan sehingga Anda tahu apakah butuh perbaikan atau tidak. Jika butuh perbaikan dalam sistem keamanan, maka di bagian apa saja.
Langkah evaluasi ini bisa dilakukan secara berkala. Misalnya saja setiap 2 sampai 3 bulan sekali. Saat evaluasi, Anda juga bisa melakukan backup data. Khususnya jika lokasi kantor memakai kamera CCTV. Data rekaman dari CCTV harus di-backup dan diamati dengan baik.
Pilih Kamera CCTV Hikvision AcuSense
Pakailah kamera CCTV yang benar-benar punya kualitas bagus dan mengusung teknologi canggih supaya pengawasan area kantor bisa lebih optimal. Salah satu merek CCTV terbaik yang dapat dijadikan pilihan di kantor Anda adalah Hikvision AcuSense. Produk ini menawarkan banyak kelebihan dibandingkan CCTV lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimaksud:
1. Responsif dalam Mendeteksi Tindak Mencurigakan
Perangkat CCTV dari Hikvision ini memiliki kemampuan pengawasan yang sangat responsif. Produknya bisa mengamati dengan cepat dan bisa lebih cekatan dalam mendeteksi tindak mencurigakan. Hasil deteksi produk kamera ini juga real time dan bisa langsung mengirim sinyal ke smartphone pengguna jadi deteksi kejahatan jauh lebih akurat.
2. Hasil Sangat Akurat
Tidak heran jika produk CCTV ini dikenal sebagai merek CCTV terbaik. Hasil pengawasannya sangat akurat yaitu dapat mendeteksi hanya pergerakan manusia atau kendaraan . Rekaman yang diberikan punya kualitas gambar yang bagus dan sangat detail. Lensa kamera CCTV ini bisa menangkap momen secara efektif dan akurasinya juga tinggi. Jadi Anda bisa mendapatkan hasil video yang detail seperti kejadian nyata.
3. Efisiensi Lebih Tinggi
Produk smart CCTV camera ini juga sangat efisien untuk digunakan. Efisiensinya jauh lebih tinggi dibandingkan produk CCTV yang lain. Kameranya bisa menjangkau area yang luas sehingga video pengawasan jadi jauh lebih lengkap. Selain itu ada sistem pelabelan rekaman video yang akan mempermudah pengguna dalam mendeteksi objek kendaraan dan manusia.
4. Praktis dari Segi Konfigurasi
Tipe kamera CCTV ini memiliki teknologi yang canggih dan fiturnya juga sangat lengkap. Ditambah lagi sistem konfigurasinya sangat mudah dan praktis. Pengguna tidak perlu memanggil teknisi untuk memasang CCTV, semua bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Selain itu produk kamera ini juga sudah dilengkapi AI atau artificial intelligence yang akan memberi banyak kemudahan.
Pengawasan lingkungan kantor saat bekerja jarak jauh bisa dilakukan secara efektif dan optimal memakai produk dari Hikvision AcuSense. Merek CCTV terbaik yang satu ini punya fitur yang sangat memuaskan. Teknologinya canggih dan bisa menghasilkan rekaman video yang benar-benar detail.
Sentimen: positif (100%)