Sentimen
Positif (87%)
15 Nov 2022 : 13.12
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Sukoharjo

Kasus: covid-19

Dispendukcapil Sukoharjo Buka Pelayanan Weekend

15 Nov 2022 : 13.12 Views 3

Krjogja.com Krjogja.com Jenis Media: News

Dispendukcapil Sukoharjo Buka Pelayanan Weekend

Krjogja.com - SUKOHARJO - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo memberikan pelayanan weekend atau akhir pekan pada Sabtu dan Minggu (12-13/11/2022). Kegiatan dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat di Kabupaten Sukoharjo.

Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Budi Susetyo mengatakan, pelayanan adminduk weekend diberikan sebagai upaya Dispendukcapil Sukoharjo meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dua hari diakhir pekan dimaksimalkan karena banyak warga atau pemohon adminduk libur kerja atau memiliki banyak waktu untuk mengurus keperluan ke kantor Dispendukcapil Sukoharjo.

Dispendukcapil Sukoharjo membuka pelayanan weekend dalam dua hari 12 November dan 13 November 2022 mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Pelayanan adminduk diberikan untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), pendaftaran Kartu Keluarga (KK) atau surat pindah dan akta capil.

Untuk pelayanan weekend tersebut Dispendukcapil Sukoharjo sudah menyiapkan petugas dan peralatan yang dibutuhkan. Masyarakat atau warga pemohon adminduk bisa mendatangi kantor Dispendukcapil Sukoharjo memanfaatkan pelayanan akhir pekan. Dispendukcapil Sukoharjo juga membuka nomor pengaduan untuk masyarakat 081232457713.

"Pada hari biasa pelayanan Dispendukcapil Sukoharjo sudah maksimal dan terus kami tingkatkan dengan membuka pelayanan weekend," ujarnya.

Dispendukcapil Sukoharjo sudah menerapkan pelayanan secara menyeluruh dengan membuka pelayanan di kantor Dispendukcapil Sukoharjo, UPTD Dispendukcapil ditingkat kecamatan dan pelayanan online. Selain itu Dispendukcapil Sukoharjo juga melakukan pelayanan keliling dengan mendatangi warga disejumlah desa dan kelurahan secara bergantian.

Pelayanan tersebut diberikan untuk mempercepat proses adminduk yang dibutuhkan masyarakat. Selain itu juga sebagai bentuk kemudahan dengan mendekatkan petugas kepada pemohon atau warga.

"Di era digital atau online dan disaat pandemi virus Corona membuat pelayanan adminduk masyarakat semakin ditingkatkan kecepatannya dan kemudahannya. Akses diperbanyak tidak hanya di kantor namun juga online dan kami siapkan petugas keliling," lanjutnya.

Dispendukcapil Sukoharjo kedepan akan terus meningkatkan pelayanan adminduk masyarakat salah satunya dengan membuka pelayanan weekend lagi. Hal ini sekaligus menampung masukan dari berbagai pihak terkait sistem pelayanan masyarakat.

"Pemohon atau warga sebenarnya bisa mengajukan proses adminduk secara online. Cukup di rumah karena sudah disediakan nomor pelayanan. Tinggal kontak nomor tersebut dan petugas akan memberikan pelayanan," lanjutnya.

Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Sukoharjo Wisnu Murti mengatakan, tentang pelayanan keliling pendataan penduduk rentan terpadu bersama mengacu pada Perbup Nomor 19 Tahun 2022. Pertimbangan dikeluarkannya Perbup adalah bagi penduduk rentan administrasi kependudukan di Kabupaten Sukoharjo perlu mendapatkan jaminan dan akses dokumen kependudukan. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat perlu dilakukan inovasi melalui pelayanan keliling kepada penduduk rentan yang dilakukan Dispendukcapil Sukoharjo.(Mam)

Sentimen: positif (87.7%)