Sentimen
Netral (87%)
26 Okt 2022 : 19.12
Informasi Tambahan

Kab/Kota: bandung, Jabodetabek

Kasus: kebakaran

Survei Tunjukkan Perubahan Iklim Pengaruhi Keputusan Konsumen Saat Membeli Properti Rabu, 26/10/2022, 19:12 WIB

26 Okt 2022 : 19.12 Views 3

Wartaekonomi.co.id Wartaekonomi.co.id Jenis Media: News

Survei Tunjukkan Perubahan Iklim Pengaruhi Keputusan Konsumen Saat Membeli Properti
Rabu, 26/10/2022, 19:12 WIB
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei Rumah.com bertajuk Consumer Sentiment Study H2 2022 menunjukkan 97% responden mengaku khawatir dengan perubahan iklim yang dapat memengaruhi properti. Mayoritas responden menyebutkan bencana alam seperti banjir, gempa bumi, kebakaran, dan tanah longsor sebagai perhatian utama mereka ketika membeli hunian.

"Kekhawatiran dengan perubahan iklim yang memengaruhi properti mereka dinyatakan oleh 97 persen responden," ujar Marine Novita, Country Manager Rumah.com, dalam keterangan tertulis, Rabu (26/10/2022).

Temuan lain dari survei tersebut juga menjelaskan ekspektasi konsumen terkait infrastruktur di sekitar properti. "Hasil survei menunjukkan bahwa 4 dari 5 responden akan mempertimbangkan infrastruktur masa depan ketika membuat keputusan pembelian hunian," tambah dia.

Baca Juga: 2023 Dihantui Krisis, Sektor Properti Tanah Air Diprediksi Tetap Eksis, Mengapa?

Infrastruktur masa depan yang menjadi pertimbangan responden adalah jalan tol baru dinyatakan oleh 46% responden, bus kota oleh 34% responden, LRT Jabodetabek oleh 32% responden, kereta komuter oleh 32% responden dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung oleh 19% responden.

Rumah.com menilai tersedianya sarana infrastruktur dan transportasi publik masih menjadi salah satu pertimbangan utama konsumen ketika akan membeli hunian. Gencarnya pembangunan infrastruktur dan transportasi umum oleh pemerintah perlu diikuti para pengembang properti untuk mulai membangun hunian baru di sekitarnya sehingga tercipta pusat ekonomi baru.

Baca Juga: Refly Harun Soal Ijazah Palsu Jokowi: Ngapain Muter-muter Tinggal Bawa Ijazah Asli, Selesai!

Sentimen: netral (87.7%)