Sentimen
Positif (87%)
26 Okt 2022 : 19.17
Informasi Tambahan

BUMN: Bank Mandiri

Kasus: covid-19

Partai Terkait

Survei Ungkap Hanya 16% Konsumen yang Paham tentang Aspek Penting dalam Pembelian Rumah Rabu, 26/10/2022, 19:17 WIB

26 Okt 2022 : 19.17 Views 2

Wartaekonomi.co.id Wartaekonomi.co.id Jenis Media: News

Survei Ungkap Hanya 16% Konsumen yang Paham tentang Aspek Penting dalam Pembelian Rumah
Rabu, 26/10/2022, 19:17 WIB
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei Rumah.com mengungkapkan masih sedikit konsumen yang benar-benar memahami aspek penting dalam pembelian properti. Melalui survei bertajuk Consumer Sentiment Study H2 2022, Rumah.com menemukan hanya 16% responden yang benar-benar tahu tentang seluruh aspek pembelian hunian.

"71% responden merasa telah memiliki pengetahuan yang cukup dalam urusan pembelian hunian. Namun ternyata mereka belum sepenuhnya tahu aspek-aspek penting yang justru perlu mereka ketahui," ujar Marine Novita, Country Manager Rumah.com, dalam keterangan tertulis, Rabu (26/10/2022).

Dari seluruh aspek pembelian hunian, yang paling tidak diketahui oleh responden adalah tidak mengetahui seputar biaya-biaya ekstra yang perlu mereka keluarkan saat membeli hunian seperti dinyatakan oleh 17% responden. Sementara 14% responden tidak mengetahui seputar aspek legalitas atau dokumen-dokumen penting dalam membeli hunian.

Baca Juga: Aspek Lingkungan dan Keberlanjutan Jadi Prioritas Konsumen Saat Beli Properti 

Selanjutnya, 14% responden tidak mengetahui seputar skema pembiayaan atau program pemerintah yang bisa mereka ambil untuk membeli hunian. Di sisi lain, 12% responden tidak mengetahui seputar pajak, seperti Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), atau Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk hunian yang akan mereka beli nanti.

Temuan lainnya dalam survei ini menunjukkan 9% responden tidak mengetahui seputar kemampuan finansial dan persyaratan yang harus mereka penuhi untuk pembiayaan hunian.

Adapun 6% responden tidak mengetahui seputar cara memilih hunian yang tepat, seperti dari faktor lokasi, harga, tipe, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pembayaran Kredit Makin Lancar, Restrukturisasi Covid-19 Bank Mandiri Turun Tajam

Sentimen: positif (87.7%)