Sentimen
Positif (99%)
22 Okt 2022 : 00.40

Langkah Jenderal Listyo Sigit Tingkatkan Kembali Kepercayaan Publik kepada Polri Dinilai Tepat

22 Okt 2022 : 07.40 Views 3

Sindonews.com Sindonews.com Jenis Media: Nasional

Langkah Jenderal Listyo Sigit Tingkatkan Kembali Kepercayaan Publik kepada Polri Dinilai Tepat

loading...

Keseriusan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam upaya meningkatkan kembali kepercayaan publik pada institusi Polri dinilai sudah tepat oleh PP Hima Persis. Foto/Tangkapan layar Instagram

JAKARTA - Keseriusan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam upaya meningkatkan kembali kepercayaan publik pada institusi Polri dinilai sudah tepat. Jajaran Polri diharapkan melaksanakan instruksi tersebut.

"Saya menyimak beberapa arahan Kapolri di akun media Beliau hari ini. Langkah dan strategi yang dipersiapkan cukup baik dan tepat. Saya rasa Beliau dan jajarannya sangat serius dalam hal ini," kata Ketua Umum PP Hima Persis Ilham Nurhidayatullah, Jumat (21/10/2022).

Ilham juga mendorong jajaran Polri pada setiap level dapat memahami dan melaksanakan instruksi tersebut. Menurutnya, untuk memperbaiki institusi Polri butuh keseriusan seluruh pihak, bukan hanya pimpinan. Semua yang merupakan bagian dari kepolisian harus menunjukkan komitmen yang sama dengan Kapolri.

"Menurut saya, jika langkah-langkah strategis ini dilaksanakan oleh setiap satuan di Kepolisian, maka simpati dan kepercayaan publik itu akan didapatkan," ujarnya.

Baca juga: Kapolri Larang Polantas Gelar Tilang Manual untuk Hindari Pungli

Sebelumnya, Kapolri memposting video pendek berupa catatan-catatan yang harus diperbaiki oleh institusi yang dipimpinnya. Ada beberapa catatan Kapolri yang perlu diperhatikan dan diperbaiki oleh satuannya di Polda, Polres, dan Polsek, di antaranya terkait pungli (pungli).

"Catatan-catatan yang harus kita perbaiki. Yang pertama terkait dengan masalah pungli. Jadi, saya minta tolong stop yang namanya pungli kalau kita ingin kepercayaan publik ini bisa kembali," tegas Kapolri.

Terkait masalah pelayanan, Kapolri mengatakan harus dibuat SOP yang jelas, sehingga masyarakat tahu dan paham. Kapolri menekankan, terkait pelayanan ini jangan dibikin sulit.

Kapolri juga memberikan arahan perlunya edukasi terhadap pelaku pelanggaran ringan di jalan raya. Penegakan hukum cukup melalui ETLE atau ETLE Mobile.

Selain itu, Kapolri juga meminta jajarannya membuat semacam indeks kepuasan masyarakat. Kalau perlu, di setiap pelayanan ada survei kepuasan pelanggan. "Tolong ini dibuat yang baik, maksimalkan," ujarnya.

(zik)

Sentimen: positif (99.1%)