Zhang Zhi Jie Meninggal Henti Jantung, Kenali Penyebab dan Pertolongan Pertamanya

  • 02 Juli 2024 06:00:49
  • Views: 2

Jakarta -

Atlet badminton muda asal China, Zhang Zhi Jie, meninggal dunia secara tragis setelah dirinya tiba-tiba roboh di lapangan saat Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior atau Badminton Asia Junior Championships 2024 di Yogyakarta, Indonesia.

Kabid Humas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Broto Happy mengatakan penyebab meninggalnya Zhang Zhi Jie karena henti jantung mendadak. Hal ini dipastikan setelah sang atlet dilarikan ke RSPAU Dr S Hardjolukito dan kemudian dirujuk ke RSUP Dr Sardjito.

"Dengan demikian, kesimpulan pemeriksaan dan penanganan korban baik di RSPAU Dr S. Hardjolukito maupun RSUP Dr Sardjito menunjukkan hasil yang sama yaitu korban mengalami henti jantung mendadak," ujar Broto, dikutip dari detikJogja, Senin (1/7/2024)

Penyebab henti jantung pada atlet

Spesialis jantung dr Berlian Idriansyah Idris, SpJP mengatakan penyebab terjadinya henti jantung pada atlet seringkali karena gangguan irama jantung. Hal ini terjadi karena jantung dipacu dengan sangat intens saat berolahraga. Sementara untuk non-atlet, henti jantung biasanya diakibatkan karena penyakit jantung koroner.

"Pada atlet, henti jantung lebih banyak terjadi karena gangguan irama jantung. Akibat jantung dipacu dengan sangat intens ketika olahraga. Sementara pada non-atlet penyebab henti jantung tersering adalah serangan jantung akibat penyakit jantung koroner," kata dr Berlian.

Pada kondisi henti jantung, dr Berlian menekankan pentingnya memberikan pertolongan pertama yang cepat dan tepat. Salah satu cara menolongnya adalah dengan resusitasi jantung paru (RJP) atau cardiopulmonary resuscitation (CPR).

"Apapun penyebabnya, penderita henti jantung mendadak harus diresusitasi segera. Hal ini tidak terlihat dilakukan pada pemain bulu tangkis tersebut (Zhang Zhi Jie)," tegas dr Berlian.

"Sekiranya dilakukan dengan cepat dan tepat (RJP), seperti pada Christian Eriksen (di Euro 2020), sangat mungkin Zhang Zhie Jie bisa diselamatkan," sambungnya.

NEXT: Bagaimana cara melakukan RJP?


Sumber: https://xcloud.id/zhang-zhi-jie-meninggal-henti-jantung-kenali-penyebab-dan-pertolongan-pertamanya/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Eriksen,
topics penyakit jantung,
events Euro 2020,
fasums RSUP dr Sardjito,
nations Indonesia, Republik Rakyat Cina,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta,
cities Yogyakarta,