Picu Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal, Kenali Tanda-tanda Henti Jantung

  • 02 Juli 2024 08:04:47
  • Views: 2

Jakarta -

Pebulutangkis muda asal China, Zhang Zhi Jie meninggal saat bertanding dalam Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior Championship 2024 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (30/6/2024).

Kabid Humas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Broto Happy mengatakan Zhang Zhi Jie meninggal karena henti jantung.

"kesimpulan pemeriksaan dan penanganan korban baik di RSPAU Dr S. Hardjolukito maupun RSUP Dr Sardjito menunjukkan hasil yang sama yaitu korban mengalami henti jantung mendadak," pungkasnya, dikutip dari detikJogja, Senin (1/7/2024).

Broto menyebut, Zhang sempat dilarikan ke RSPAU Hardjolukito dan RSUP dr Sardjito sebelum dinyatakan meninggal.

Henti jantung mendadak atau sudden cardiac arrest adalah berhentinya secara tiba-tiba aktivitas normal jantung yang disertai dengan kolaps hemodinamik yang berasal dari masalah jantung.

Spesialis jantung dr Berlian Idriansyah Idris, SpJP, mengatakan penyebab terjadinya henti jantung pada atlet seringkali karena gangguan irama jantung. Kondisi ini terjadi karena jantung dipacu dengan sangat intens saat berolahraga. Sementara untuk non-atlet, henti jantung biasanya diakibatkan karena penyakit jantung koroner.

Salah satu cara menolong pasien henti jantung adalah dengan resusitasi jantung paru (RJP) atau cardiopulmonary resuscitation (CPR).

"Sekiranya dilakukan dengan cepat dan tepat (RJP), seperti pada Christian Eriksen (di Euro 2020), sangat mungkin Zhang Zhi Jie bisa diselamatkan," imbuhnya saat dihubungi detikcom, Senin (1/7).

Sebelum mengalami henti jantung, dr Berlian menyebut pasien biasanya akan merasakan tanda seperti rasa tak nyaman di dada. Keluhan ini berhubungan dengan denyut jantung yang abnormal dan cepat sekali.

"Biasanya (tandanya) berdebar, mau pingsan, dada tidak nyaman. Keluhan ini berhubungan dengan denyut jantung yang abnormal dan cepat sekali, serta gangguan suplai darah ke organ otak dan jantung," kata dr Berlian.

"Gangguan irama jantung atau aritmia, yang paling sering terjadi pada henti jantung mendadak adalah VT (ventrikel takikardi) dan VF (ventrikel fibrilasi)," imbuhnya lagi.


(suc/up)
Sumber: https://xcloud.id/picu-pebulutangkis-china-zhang-zhi-jie-meninggal-kenali-tanda-tanda-henti-jantung/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Eriksen,
topics penyakit jantung,
events Euro 2020,
fasums RSUP dr Sardjito,
nations Indonesia, Republik Rakyat Cina,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta,
cities Yogyakarta,