Wakil Kepala BPIP kawal implementasi buku teks Pendidikan Pancasila

  • 09 Juni 2024 06:30:16
  • Views: 8

Semenjak diluncurkannya Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Pancasila pada acara bertajuk "Sosialisasi Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah pada Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka", di Jakarta, pada 21 Agustus 2023, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila bersama stakeholders terkait terus mengawal penerapan BTU tersebut. 

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina menyampaikan, perlu adanya strategi yang reliabel dalam penerapan BTU Pendidikan Pancasila di sekolah. 

"Kita perlu memikirkan bagaimana supaya langkah yang sudah dilakukan ini semakin kuat, semakin mendorong pendidikan. Maka, kita perlu untuk memformulasikan pengimplementasian BTU ini," tuturnya dalam diskusi Kelompok Terpumpun Strategi Penerapan BTU Pendidikan Pancasila, Kamis (6/6).

Rima menyebut, penerapan BTU perlu didorong sebagai gerakan nasional yang strategis untuk kemajuan pendidikan bangsa Indonesia. Baginya, memerlukan energi dan kolaborasi yang kuat hingga lintas sektoral sebagai bentuk gotong royong dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Sinkronisasi antarlembaga harus diperkuat kembali bersama Kemenko PMK, Kemendikbudristek, Kemendagri dan Kemenag. Sehingga, enforcement ke bawah itu semakin tegas bahwa sudah wajib melaksanakan BTU ini di dalam Pendidikan Pancasila. Maka kita perlu berkolaborasi untuk penerapan dan penguatan itu," tegas Rima. 

Hasil pemantauan BPIP melalui Direktorat Pengkajian Implementasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Direktorat Evaluasi, ditemukan beberapa kendala dalam penerapan BTU. Menilik hal tersebut, anggota Dewan Pengarah BPIP Muhammad Amin Abdullah, menyampaikan, perlunya mengatur strategi baru yang solid dan kokoh. 

Amin menyampaikan, BTU harus sampai secara efektif kepada guru-guru yang akan mengajarkan Pendidikan Pancasila, hal ini menjadi sangat vital, karena guru sebagai garda terdepan pendidik. 

“Kita harus mengatur strategi baru, sebagai gerakan nasional. Di mulai dari antarkedeputian dan lintas koordinasi perlu duduk. Selain itu, BTU harus menyentuh guru, bukan kepala dinas. Itu kuncinya, gurulah garda terdepan kita,” ucapnya. 


Sumber: https://www.alinea.id/nasional/wakil-kepala-bpip-kawal-implementasi-buku-teks-pendidikan-pancasila-b2k8o9PYk
Tokoh



Graph

Extracted

persons Muhammad Amin,
ministries BPIP, Kemenag, Kemendagri,
ngos GARDA,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,