Ledakan di Iran, Media AS Laporkan Serangan Israel

  • 19 April 2024 10:45:52
  • Views: 3

Media Pemerintah Iran melaporkan ledakan di Isfarah tengah, sedangkan media AS mengatakan Israel telah melakukan serangan balasan. (Media Sosial X)

MEDIA pemerintah Iran melaporkan ledakan di Isfahan tengah, Jumat (19/4), sementara media AS mengutip para pejabat yang mengatakan Israel telah melakukan serangan balasan terhadap musuh bebuyutannya.

Sistem pertahanan udara di beberapa kota di Iran diaktifkan, media pemerintah melaporkan, setelah stasiun penyiaran resmi negara tersebut mengatakan ledakan terdengar di dekat pusat kota Isfahan.

Israel sebelumnya telah memperingatkan akan melakukan serangan balik setelah Iran menembakkan ratusan rudal dan drone ke Israel selama akhir pekan. Kebanyakan dari mereka dicegat.

Baca juga : Ketua DPR AS Mike Johnson Tawarkan RUU Bantuan Ke Israel

Kantor berita Fars Iran melaporkan "tiga ledakan" terdengar di dekat pangkalan udara tentara Shekari di barat laut provinsi Isfahan, sementara juru bicara badan antariksa Iran Hossein Dalirian mengatakan "beberapa" drone telah "berhasil ditembak jatuh".

“Tidak ada laporan mengenai serangan rudal untuk saat ini,” kata Dalirian di platform media sosial X.

Fasilitas nuklir di Isfahan dilaporkan "sepenuhnya aman", kantor berita Iran Tasnim melaporkan, mengutip "sumber yang dapat dipercaya".

Baca juga : Joe Biden Janjikan Dukung Israel Terhadap Pembalasan Iran

ABC dan CBS News melaporkan serangan itu dilakukan oleh Israel, mengutip pejabat AS. Belum ada komentar langsung dari Gedung Putih atau Pentagon.

Militer Israel mengatakan kepada AFP: "Kami tidak mempunyai komentar saat ini."

Penerbangan ditangguhkan

Baca juga : Iran Salahkan Israel dan AS, 95 Tewas dalam Serangan di Peringatan Jenderal Soleimani

Iran melancarkan serangan sebagai pembalasan atas serangan tanggal 1 April terhadap konsulat Iran di Damaskus hal ini secara luas disalahkan pada Israel.

Ledakan juga dilaporkan terjadi di Suriah selatan, menurut kelompok aktivis setempat.

“Ada serangan terhadap posisi radar tentara Suriah,” kata Rayan Maarouf, yang menjalankan situs anti-pemerintah Suwayda24 yang meliput berita dari provinsi Sweida di selatan.

Baca juga : Sekjen PBB Mengutuk Serangan Mematikan Terhadap Rumah Sakit Gaza

Penerbangan ditangguhkan di sebagian besar Iran pada hari Jumat.

“Pertahanan udara Iran telah diaktifkan di langit beberapa provinsi di negara itu,” kata kantor berita resmi Teheran, IRNA.

Kantor berita Mehr melaporkan bahwa “penerbangan ke Teheran, Isfahan dan Shiraz, serta bandara-bandara di barat, barat laut dan barat daya telah ditangguhkan.”

Setelah serangan rudal Iran, para pejabat Israel tidak mengatakan kapan atau di mana mereka akan membalas, namun Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan negaranya berhak untuk melindungi diri mereka sendiri.

Pada Kamis, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres melukiskan gambaran suram tentang situasi di Timur Tengah, memperingatkan meningkatnya ketegangan akibat perang di Gaza dan serangan Iran terhadap Israel dapat berubah menjadi “konflik regional skala penuh.”

“Timur Tengah berada di jurang yang curam. Beberapa hari terakhir telah terjadi peningkatan yang berbahaya – baik dalam kata-kata maupun perbuatan,” kata Guterres kepada Dewan Keamanan.

“Satu kesalahan perhitungan, satu miskomunikasi, satu kesalahan, dapat menyebabkan hal yang tidak terpikirkan – konflik regional berskala penuh yang akan menghancurkan semua pihak yang terlibat,” katanya, seraya menyerukan semua pihak untuk “menahan diri secara maksimal.”

Harga minyak melonjak lebih dari 3% di awal perdagangan Asia pada hari Jumat menyusul laporan ledakan di Iran. (AFP/Z-3)


Sumber: https://mediaindonesia.com/internasional/665888/ledakan-di-iran-media-as-laporkan-serangan-israel
Tokoh







Graph

Extracted

persons Antonio Guterres, Benjamin Netanyahu, Johnson,
ministries DPR RI,
parties PBB,
topics Harga Minyak Naik,
fasums Gedung Putih,
nations Iran, Israel, Suriah,
musicclubs APRIL,