Jemaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Solo Tiba di Tanah Air

  • 16 Juli 2022 19:18:28
  • Views: 5

MerahPutih.com - Sebanyak 360 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Kabupaten Pati, Jawa Tengah tiba di Tanah Air, Jumat (15/7) malam.

Kedatangan jemaah haji menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan 6201. Sejumlah jemaah haji pun langsung sujud syukur di lintasan penerbangan Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga:

Pemerintah Tegaskan Tidak Ada Karantina Bagi Jemaah Haji yang Sehat

Koordinator Humas PPIH Debarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin mengatakan, Sebanyak 360 jemaah haji kloter pertama ini tiba pukul 22.44 WIB.

Mereka diterbangkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pukul 05.10 Waktu Ara Saudi (WAS) menuju ke Tanah Air dengan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan 6201.

Setibanya di Bandara Adi Soemarmo kami langsung membawa jemaah haji menuju ke Asrama Haji Donohudan dengan menggunakan bus pukul 23.36 WIB, kata Sarip, Sabtu (16/7).

Sebelum memasuki gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan, kata dia, satu persatu jemaah dicek suhu dengan menggunakan thermal scanner yang dipasang petugas di pintu masuk. Kedatangan para jemaah haji kloter pertama disambut Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

Bupati Pati Haryanto juga melakukan penjemputan langsung ke Asrama Haji Donohudan, katanya.

Dua jemaah haji sujud syujur setibanya di Bandara Adi Soemarmo Solo, Jumat (15/7) malam. (MP/Ismail)

Diakuinya, kedatangan jemaah haji kloter pertama mengalami keterlambatan sekitar 30 menit dari jadwal. Dimana deharusnya mereka tiba pukul 22.15 WIB.

Karena ada keterlambatan jemaah haji baru tiba pukul 22.44 WIB, kata Sarip

Ia mengatakan, setelah prosesi serah terima para jemaah langsung dipulangkan ke daerah asal dengan menggunakan armada bus yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah. Sebelum dipulangkan, akan dilakukan pemeriksaan sampel swab antigen secara acak.

Dari jumlah total 360 jemaah hanya diambil 10 persen atau 36 orang yang di-swab. Alhamdulilah semua negatif semua, papar dia.

Ia memastikan Embarkasi Solo tidak memberlakukan karantina COVID-19 jika ada jemaah haji positif dari Tanah Suci. Isolasi dilakukan di daerah masing-masing sesuai arahan Dinas Kesehatan.

Kita tetap sediakan rumah sakit darurat Asrama Haji Donohudan untuk antisipasi.Kita juga menyediakan vaksin booster bagi jemaah yang belum melakukan vaksin booster, pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Menag Ucapkan Permintaan Maaf pada Jemaah Haji


https://merahputih.com/post/read/jemaah-haji-kloter-pertama-embarkasi-solo-tiba-di-tanah-air

Sumber: https://merahputih.com/post/read/jemaah-haji-kloter-pertama-embarkasi-solo-tiba-di-tanah-air
Tokoh









Graph

Extracted

persons Fachrul Razi, Haryanto, Muzdalifah, Taj Yasin Maimoen,
companies ADA,
ministries Dinkes,
bumns Garuda Indonesia,
topics haji, vaksin booster,
products vaksin,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Jeddah, Pati, Solo,
cases covid-19,