Usut Kasus Dugaan Korupsi LNG, KPK Cekal Eks Dirut PT Pertamina Karen Agustiawan Bepergian ke Luar Negeri

  • 14 Juli 2022 12:47:32
  • Views: 6

Suara.com - Komisi Pemberantasan Korupsi meminta Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkum HAM untuk mencekal empat orang untuk bepergian ke luar negeri terkait pengusutan kasus dugaan korupsi Liquefied Natural Gas (LNG) di PT Pertamina tahun 2011 sampai 2021. Salah seorang diantaranya adalah Eks Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan.

Benar, KPK telah mengajukan tindakan cegah terhadap empat orang untuk bepergian keluar negeri kepada pihak Ditjen Imigrasi, kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dikonfirmasi, Kamis (14/7/2022).

Ali menyebut alasan pihaknya melarang Karen dan tiga orang lainnya selama enam bulan dimulai dari 8 Juni sampai 8 Desember 2022 karena sangat diperlukan keterangannya oleh penyidik. Karena diperlukan keterangannya terkait dengan perkara ini, ujar Ali.

Maka itu, kata Ali, diharapkan bahwa pihak-pihak yang diminta tidak dulu bepergian ke luar negeri agar kooperatif untuk nantinya dipanggil penyidik antirasuah.

Baca Juga: Terkuak Fakta Baru di Sidang Perdana Bupati Bogor Nonaktif, KPK Ternyata Tidak Lakukan OTT Terhadap Ade Yasin

KPK berharap pihak-pihak yang dicegah tersebut, nantinya dapat kooperatif hadir memenuhi panggilan tim penyidik, imbuhnya.

Dari informasi yang dihimpun, selain Karen tiga orang yang turut dicegah keluar negeri yakni pihak swasta, Hari Karyulanto, Yenni Andayani, dan Dimas Mohamad Aulia.

Kemarin, Pihak Imigrasi menyampaikan memang ada permintaan KPK untuk Karen Agustiawan dicegah keluar negeri selama enam bulan. Meski begitu, Imigrasi tidak merinci kasus apa yang tengah diusut KPK untuk kepentingan proses penyidikan terhadap Karen.

Atas nama Karen A, ada masa cegahnya 8 Juni 2022 sampai 8 Desember 2022, kata Achmad melalui keterangan tertulisnya, Rabu (13/7).

Dalam kasus ini, KPK pun sudah menargetkan siapa saja pihak-pihak yang akan ditetapkan sebagai tersangka. Meski begitu KPK belum mengumumkan secara resmi para tersangka serta kontruksi perkara kasus ini.

Baca Juga: Mantan Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan Dilarang Ke Luar Negeri

KPK kekinian masih terus mengumpulkan sejumlah bukti bukti dalam pengusutan kasus LNG di perusahaan plat merah ini.


https://www.suara.com/news/2022/07/14/123555/usut-kasus-dugaan-korupsi-lng-kpk-cekal-eks-dirut-pt-pertamina-karen-agustiawan-bepergian-ke-luar-negeri

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/14/123555/usut-kasus-dugaan-korupsi-lng-kpk-cekal-eks-dirut-pt-pertamina-karen-agustiawan-bepergian-ke-luar-negeri
Tokoh







Graph

Extracted

persons Ade Yasin, Ali Fikri, Karen Agustiawan,
companies ADA,
ministries Kemenkum HAM, KPK,
bumns PT Pertamina,
places JAWA BARAT, SULAWESI SELATAN,
cities Bogor,
cases HAM, korupsi,