Proyek IKN Bangun Super Hub Ekonomi Baru di Kalimantan Timur

  • 27 Mei 2022 12:59:32
  • Views: 4

Liputan6.com, Jakarta Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menilai, proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi super hub ekonomi baru di luar Pulau Jawa, khususnya di Kalimantan Timur.

Proyek pembangunan IKN disebut bakal membawa dampak positif bagi Indonesia, baik dari segi ekonomi, industri, lingkungan hidup dan pariwisata secara berkelanjutan.

Proses pemindahan IKN telah berjalan dan akan dilakukan secara bertahap sampai dengan 2045 mendatang. Dalam pembangunan IKN ini, pemerintah mengembangkan konsep Smart City, yang mencakup transportasi, pengolahan limbah, energi, fasilitas umum seperti sekolah dan rumah sakit.

Kami punya jargon, we are not thinking inside the box or outside the box. But, we are thinking without a box, ujar Bambang dalam keterangan tertulis, Jumat (27/5/2022).

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata memaparkan, pengembangan IKN akan sejalan dengan upaya pemerintah untuk bisa menciptakan nilai tambah pada setiap sumber daya alam demi meningkatkan produktivitas industri.

Selain akan menjadi super hub logistik dan ekonomi, IKN juga dirancang sebagai Forest City yang pembangunannya berjalan harmonis dengan alam, ungkap Rudy.

 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019). Adapun jalan tol yang memiliki panjang 99,3 kilometer ini menjadi bagian dari akses menuju ibu kota baru.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4972183/proyek-ikn-bangun-super-hub-ekonomi-baru-di-kalimantan-timur

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4972183/proyek-ikn-bangun-super-hub-ekonomi-baru-di-kalimantan-timur
Tokoh





Graph

Extracted

persons Bambang Susantono, joko widodo,
ministries Bappenas,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN SELATAN, KALIMANTAN TIMUR,
cities Samarinda,