Program Embung Kementan Tingkatkan Produktivitas Petani di Lebak

  • 20 Mei 2022 18:59:24
  • Views: 9

Liputan6.com, Lebak Realisasi kebijakan embung untuk Kelompok Petani Mekarjaya di Desa Mekarsari, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, telah dilakukan oleh Kementan. Keberadaan embung yang dibangun oleh Kementan, menciptakan dampak positif berupa produktivitas petani Lebak melonjak drastis.

Keberadaan embung yang dibangun oleh Kementan, menciptakan dampak positif berupa produktivitas petani Lebak melonjak drastis. Sebelum embung dibangun, produktivitas petani yang tergabung dalam Kelmpok Tani Mekarjaya hanya menghasilkan 5,6 ton. Setelah adanya embung, produktivitas naik sebesar 1,1 ton menjadi 6,7 ton.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkapkan bahwa sistem irigasi berupa embung merupakan solusi jitu dalam memenuhi kebutuhan irigasi pertanian. Embung bisa menjadi wadah menampung air hujan dan dapat digunakan untuk pengairan tanaman pertanian.

“Dengan adanya embung, maka kelancaran distribusi air untuk pertanian Indonesia dapat terpenuhi, imbuh SYL.

Seperti diketahui, air berperan sebagai kebutuhan dasar dalam sektor pertanian. Oleh karenanya keberadaan air tidak boleh terganggu. Tanpa pasokan air yang cukup, mustahil bagi petani dapat mengembangkan budi daya pertanian dengan baik.

Air merupakan kebutuhan mendasar yang keberadaannya tak bisa dihindarkan. Terutama bagi petani dalam mengembangkan budi daya pertanian, air menjadi komponen paling penting, ujar Mentan SYL.

Pada kesempatan sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil mengatakan, keberadaan embung dapat membuat petani tetap aman meski memasuki musim kemarau. Sebab, kata dia, embung akan memasok air, sehingga produktivitas pertanian tetap terjaga.

Embung merupakan program strategis dalam konteks pengairan lahan pertanian. Embung akan menjaga irigasi pengairan pertanian, karena pertanian tak boleh terganggu oleh faktor apa pun, tutur Ali.

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967383/program-embung-kementan-tingkatkan-produktivitas-petani-di-lebak

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967383/program-embung-kementan-tingkatkan-produktivitas-petani-di-lebak
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ali Jamil, Syahrul Yasin Limpo,
ministries Kementan,
nations Indonesia,
places BANTEN,