Awas, Krisis Pangan Global Mengancam Manusia

  • 20 Mei 2022 16:06:21
  • Views: 11

Indonesiainside.id, Jakarta – Invasi Rusia ke Ukraina dapat segera menyebabkan krisis pangan global yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Peringatan ini ditegaskan PBB karena situasi yang makin memburuk terkait ketersediaan pangan.

“Perang telah memperburuk kerawanan pangan di negara-negara miskin karena kenaikan harga, kata Sekretaris Jenderal Antonio Guterres dilansir BBC, Kamis (19/5).

Beberapa negara dapat menghadapi kelaparan jangka panjang jika ekspor Ukraina tidak dikembalikan ke tingkat sebelum perang, tambahnya.

Konflik tersebut telah memutus pasokan dari pelabuhan Ukraina, yang pernah mengekspor sejumlah besar minyak goreng serta sereal seperti jagung dan gandum.

Ini telah mengurangi pasokan global dan menyebabkan harganya melambung. Harga pangan global hampir 30% lebih tinggi dari waktu yang sama tahun lalu, menurut PBB.

Berbicara di New York pada hari Rabu, Guterres mengatakan konflik – dikombinasikan dengan efek perubahan iklim dan pandemi – “mengancam puluhan juta orang ke jurang kerawanan pangan diikuti oleh kekurangan gizi, kelaparan massal dan kelaparan.

“Ada cukup makanan di dunia kita sekarang jika kita bertindak bersama. Tetapi jika kita tidak menyelesaikan masalah ini hari ini, kita menghadapi momok kekurangan pangan global dalam beberapa bulan mendatang, tambahnya.

Dia memperingatkan bahwa satu-satunya solusi efektif untuk krisis adalah mengintegrasikan kembali produksi pangan Ukraina, serta pupuk yang diproduksi oleh Rusia dan Belarusia, kembali ke pasar global.

Guterres juga mengatakan pihaknya aktif berkomunikasi dengan Rusia dan Ukraina, serta AS dan Uni Eropa, dalam upaya untuk mengembalikan ekspor makanan ke tingkat normal.

“Keamanan yang kompleks, implikasi ekonomi dan keuangan membutuhkan niat baik di semua pihak, katanya.(Nto)


https://indonesiainside.id/headline/2022/05/19/awas-krisis-pangan-global-mengancam-manusia

Sumber: https://indonesiainside.id/headline/2022/05/19/awas-krisis-pangan-global-mengancam-manusia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Antonio Guterres,
parties PBB,
topics ekspor,
products Beras,
nations Rusia, Ukraina, Uni Eropa,
places DKI Jakarta, GORONTALO,
cities New York,