Muhammad Fadjroel Rachman

Komisaris PT Adhi Karya (Persero) Tbk (2015)

Lahir: Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia, 17 Januari 1964

  • Peneliti, penulis, pengamat politik Peneliti, penulis, pengamat politik
  • Komisaris PT Adhi Karya (Persero) Tbk (2015)
  • Jurusan Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Bidang Manajemen Keuangan dan Moneter, dan saat ini sedang menempuh program
  • S3 Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (2008) (2008)
  • Jurusan Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB)Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Bidang Manajemen Keuangan dan Moneter, dan saat ini sedang menempuh program S3 Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (2008) (2008)

Fadjroel Rachman lahir di Banjarmasin pada tanggal 17 Januari 1964. Ia memiliki darah Banjar. Fadjroel merupakan Pelajar Teladan sejak Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas se-Kalimantan Selatan. Setelah tamat SMA kemudian dia pergi ke pulau Jawa untuk kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Kimia, lalu Manajemen Keuangan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan Magister Hukum (Ekonomi) di Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia (lulus dengan predikat Cum Laude). Fadjroel adalah Doktor Ilmu Komunikasi Pascasarjana FISIP Universitas Indonesia (Komunikasi Politik). Pada masa Orde Baru, Ia sempat mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan akibat aktivitasnya menentang pemerintahan Jenderal Besar Soeharto dan Rezim Orde Baru semasa menjadi mahasiswa Institut Teknologi Bandung.[3] Fadjroel bersama lima rekannya dipindah-pindah dari penjara satu ke penjara lainnya. Dari Rumah Tahanan Militer Bakorstanasda Jawa Barat, ia dipindah ke Penjara Kebonwaru, lalu ke Penjara Batu di Pulau Nusakambangan, dan terakhir di Penjara Sukamiskin (tempat Ir. Soekarno Presiden Pertama Republik Indonesia dipenjarakan penjajah Belanda).

Berita Terkait
Tanggal Judul Media