Sentimen
Pembeli Makeup Indonesia Lebih Mengandalkan Ulasan Pengguna Dibanding Konten Influencer
Voi.id
Jenis Media: News

JAKARTA - Ulasan atau review dari influencer atau pengguna lain, merupakan salah satu faktor utama yang akan mendorong konsumen membeli suatu produk makeup atau tidak.
Laporan YouGov yang berjudul From Screen to Shelves: How Content Creators Are Driving Consumer Behavior in the Makeup Industry, mempelajari perilaku konsumen di Indonesia, Thailand, dan Singapura.
Dalam laporan tersebut, terlihat bahwa 54 persen responden Indonesia menyatakan lebih mempercayai ulasan dari sesama pengguna dibandingkan dengan konten yang dibuat oleh influencer.
Di mana, 62 persen konsumen dari kalangan berpenghasilan tinggi lebih mempercayai review dari pengguna lain dibanding influencer, sementara hanya 33 persen dari kalangan berpenghasilan lebih rendah yang menyatakan hal serupa.
Selain itu, 60 persen konsumen Indonesia menyebut review jujur adalah bentuk konten paling meyakinkan dalam mempengaruhi keputusan pembelian.
“Temuan ini menunjukkan bagaimana perilaku digital konsumen Indonesia berkembang secara unik, sekaligus memberikan panduan bagi pelaku industri kecantikan untuk merancang strategi yang relevan di kawasan ini,” jelas General Manager YouGov Indonesia, Edward Hutasoit.
Dalam memberikan ulasan suatu produk makeup, format video berdurasi kurang dari 3 menit menjadi pilihan utama dalam konsumsi konten kecantikan, disukai oleh 68 persen responden Indonesia.
Sementara itu, konten dari ahli kecantikan seperti makeup artist atau dermatolog tetap menjadi sumber yang paling dipercaya. Di Indonesia, 73 persen responden mengaku lebih cenderung menonton konten dari para ahli dibanding selebritas atau figur publik lainnya.
“Meski konten buatan pengguna lebih dipercaya karena dianggap autentik dan relevan, peran influencer tetap signifikan dalam membangun percakapan dan menyajikan informasi yang lebih terkurasi,” tambahnya.
Oleh karena itu, Edward menambahkan, brand perlu menggabungkan keduanya untuk membangun kepercayaan sekaligus memperluas jangkauan.
Sentimen: positif (93.9%)