Sentimen
Undefined (0%)
3 Jan 2025 : 05.42
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Solo, Yogyakarta

Tokoh Terkait

Gapeka 2025 Selesai, Pemesanan Tiket KA Dibuka Secara Bertahap

3 Jan 2025 : 05.42 Views 26

Espos.id Espos.id

Gapeka 2025 Selesai, Pemesanan Tiket KA Dibuka Secara Bertahap

Esposin, SOLO — PT KAI Daop 6 Yogyakarta menyebut Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 telah selesai dilakukan finalisasi.

Selanjutnya penjualan tiket kereta api antar kota untuk perjalanan di bulan Februari 2025 pun sudah dapat dilakukan secara bertahap. 

Dalam hal ini KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berkolaborasi dalam meningkatkan layanan perkeretaapian di Indonesia.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, mengatakan perubahan Gapeka 2025 merupakan bagian dari upaya KAI dan DJKA Kemenhub untuk meningkatkan layanan transportasi kereta api di Indonesia. Beberapa peningkatan yang dilakukan meliputi peningkatan keselamatan, keandalan prasarana dan sarana, kecepatan perjalanan, serta kapasitas angkut.

“Dalam aspek keselamatan, jadwal perjalanan kereta api semakin optimal dengan jadwal perjalanan yang jauh lebih terencana sesuai update sarana dan prasarana terkini. Keandalan prasarana dan sarana juga ditingkatkan melalui modernisasi infrastruktur rel dan penambahan armada kereta api yang lebih andal,” jelas Krisbiyantoro dalam rilis, Rabu (1/1/2025). 

Dia menyebutkan, dari segi kecepatan, Gapeka 2025 berhasil mengurangi waktu perjalanan kereta api antar kota di Jawa hingga total 2.551 menit per hari. Kapasitas angkut juga ditingkatkan dengan penambahan 20 perjalanan kereta api antar kota Jawa dan perpanjangan relasi untuk menjangkau lebih banyak daerah.

Disebutkan, seiring dengan telah selesainya Gapeka 2025, penjualan tiket kereta api antar kota di bulan Februari 2025 sudah dapat dilakukan mulai hari awal tahun ini secara bertahap. Penjualan tiket dilakukan secara bertahap, sehingga jika terdapat perjalanan kereta api yang belum tersedia di platform penjualan seperti Access by KAI dan web kai.id, pelanggan dapat melakukan pengecekan secara berkala. 

Saat ini, penjualan tiket kereta api antar kota dapat dilakukan H-30 sebelum keberangkatan. Kemudian bertahap akan disesuaikan kembali menjadi H-45 sebelum keberangkatan. Dia mengatakan, pelanggan yang memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon 121 atau media sosial resmi @KAI121. 

“KAI akan segera memberikan informasi melalui rilis secara bertahap untuk menginformasikan bagaimana update penyesuaian Gapeka ini terinput di seluruh kanal penjualan tiket KAI. KAI berharap inovasi yang dihadirkan melalui Gapeka 2025 dapat meningkatkan kualitas perjalanan kereta api secara menyeluruh,” jelas Krisbiyantoro.

Sentimen: neutral (0%)