Sentimen
Undefined (0%)
1 Jan 2025 : 19.46
Informasi Tambahan

BUMN: PLN

Kab/Kota: Solo

Apakah Token Listrik Bisa Hangus? Begini Penjelasannya

1 Jan 2025 : 19.46 Views 7

Espos.id Espos.id

Apakah Token Listrik Bisa Hangus? Begini Penjelasannya

Esposin, SOLO -- Jumlah pengguna listrik prabayar PLN yang menggunakan token terus bertambah. Dengan sistem ini, pelanggan bisa membeli token sesuai kebutuhan. Nah, tahukah Anda apakah token listrik bisa hangus jika tidak segera dipakai setelah dibeli? 

Berbeda dengan layanan listrik pascabayar yang mewajibkan pelanggan membayar tagihan setiap bulan, pelanggan prabayar harus mengisi ulang token agar listrik bisa digunakan. 

Token listrik terdiri dari 20 digit angka yang dimasukkan sendiri oleh pelanggan ke dalam kWh meter atau meter prabayar (MPB).

Token listrik ini bisa dibeli melalui aplikasi PLN Mobile, ATM, minimarket, atau merchant-merchant lain yang menjualnya secara online. 

Dalam menggunakan metode ini, pengguna akan mendapatkan banyak kemudahan. Namun, keunggulan yang ditawarkan oleh metode prabayar tidak luput dari pertanyaan.

Pengguna layanan listrik prabayar kerap bertanya berapa lama token listrik berlaku setelah pembelian? Dan apakah token listrik bisa hangus?

Sebagai informasi, kode token listrik tidak memiliki batas masa berlaku atau masa kedaluwarsa. PT PLN (Persero) dalam akun Twitter-nya, @pln_123, menjelaskan, token atau pulsa listrik tidak punya batas waktu dan tidak bisa expired. Kendati demikian, nomor token tersebut akan kedaluwarsa jika penginputan terlewat 50 kali transaksi. 

Token Listrik tidak ada masa kadaluarsa/expired,” jelas @pln_123. 

Pelanggan listrik prabayar harus memasukkan nomor token ke meteran. Hal ini dapat dilakukan ketika kWh sudah hampir habis yang ditandai dengan bunyi peringatan dari meteran. Jumlah kWh yang didapat berbeda-beda sesuai dengan daya listrik yang digunakan dan tarif listrik yang berlaku.

Namun, nomor token listrik yang sudah dibeli tidak bisa dimasukkan jika pengguna sudah salah tekan lebih dari tiga kali. 

Gagal isi token lebih dari tiga kali berpotensi membuat listrik terblokir. Namun, ketika meteran terblokir, pengguna bisa menghubungi call center PLN 123 atau hubungi pihak PLN terdekat.

Sentimen: neutral (0%)