Sentimen
Undefined (0%)
29 Des 2024 : 23.34
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Karanganyar

Pastikan Tak Ada yang Ngepruk di Tempat Wisata, Disparpora Karanganyar Sebar Tim

29 Des 2024 : 23.34 Views 6

Espos.id Espos.id Jenis Media: Solopos

Pastikan Tak Ada yang Ngepruk di Tempat Wisata, Disparpora Karanganyar Sebar Tim

Esposin, KARANGANYAR -- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar sejauh ini tidak menemukan adanya pelanggaran kenaikan harga tiket objek wisata, tarif parkir, maupun menu makanan saat libur Natal 2024. Semua masih dalam batas kewajaran alias tidak ada yang ngepruk harga.

Liburan Natal di Karanganyar telah berjalan aman dan lancar, tanpa komplain viral di media sosial (medsos). Hal ini berdasarkan hasil monitoring tim Disparpora selama libur Natal pada 25-26 Desember 2024. Disparpora Karanganyar menyebar lima tim untuk memantau hal tersebut.

"Tidak ada tim yang menemukan [pelaku wisata] ngepruk harga. Semua masih di atas ambang kewajaran," kata Kepala Disparpora Karanganyar Hari Purnomo kepada Espos, Minggu (29/12/2024).

Hari mengatakan penyelenggaraan wisata selama libur Natal di Karanganyar berjalan aman sesuai regulasi tanpa adanya keluhan dari wisatawan. Disparpora menerjunkan lima tim monitoring selama dua hari untuk memantau sejumlah objek wisata.

Lima tim monitoring itu, lanjut Hari, disebar ke berbagai objek wisata di sejumlah kecamatan mulai dari Tawangmangu, Ngargoyoso, Jumantono, Mojogedang, Gondangrejo, serta wilayah Karanganyar kota.

Mereka bertugas untuk memantau potensi pelanggaran terkait kenaikan harga di atas ambang kewajaran di lokasi objek wisata, rumah makan serta lokasi parkir. "Alhamdulillah tidak ada hal yang mengecewakan, tidak ada komplain dari pengunjung, atau dari siapa pun," ujarnya.

Kadisparpora mengapresiasi seluruh pengelola objek wisata di Karanganyar lantaran telah mentaati regulasi serta memberikan pelayanan kepada wisatawan dengan baik.

Dengam tidak menaikkan tiket masuk atau melebihi ambang wajar, tidak menaikkan harga makanan, tidak menaikkan tarif parkir, dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengunjung.

Hari berharap dengan nihilnya temuan potensi pelanggaran serta pelayanan maksimal objek wisata di Karanganyar akan memberikan kesan positif kepada wisatawan sehingga meningkatkan citra Kabupaten Karanganyar sebagai kota wisata.

"Alhamdulilah, destinasi wisata di Karanganyar, pada umumnya penuh dengan pengunjung. Ini harapannya sampai libur Tahun Baru besok," katanya.

Kabid Operasional Intanpari Waterpak Karanganyar Titin Riyadi Ningsih mengatakan tingkat kunjungan wisatawan di objek wisata Intanpari Waterpark Karanganyar selama dua hari libur Natal 2024 tembus 3.000-an pengunjung. Rata-rata wisatawan yang berkunjung didominasi keluarga. 

Titin mengatakan peningkatan jumlah pengunjung sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Menurutnya, Intanpari Waterpark masih menjadi salah satu objek wisata favorit kujungan wisatawan di tengah menjamurnya wisata di Karanganyar. 

"Keunggulan kami ini kan di tengah kota dan harga tiket masih ringan, jadi alhamdulillah masih aman," ucapnya.

Titin mengatakan rata-rata tingkat kunjungan wisata per hari selama sepekan terakhir mencapai 1.700-1.800 orang. Diperkirakan, kondisi ini masih akan terus terjadi hingga 5 Januari 2025.

Titin menambahkan selama masa libur Natal dan Tahun Baru ada tambahan wahana seperti mandi salju, roller coaster, dan fasilitas karaoke gratis dan live musik saat libur Tahun Baru.

Sentimen: neutral (0%)