Sentimen
Positif (97%)
18 Des 2024 : 15.47
Informasi Tambahan

BUMN: BRI

Kab/Kota: Palembang, Semarang

Tokoh Terkait

MIND ID Mediapreneur Talks Promedia di Kota Palembang 2024: Bincang Hangat Seputar Media Online hingga Ekosistem Digital!

18 Des 2024 : 15.47 Views 13

Ayobogor.com Ayobogor.com Jenis Media: Regional

MIND ID Mediapreneur Talks Promedia di Kota Palembang 2024: Bincang Hangat Seputar Media Online hingga Ekosistem Digital!

AYOBOGOR. COM -- Event MIND ID Mediapreneur Talks digelar Promedia Teknologi Indonesia (PTI) bersama BRI di Hotel Aston, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), pada Rabu, 18 Desember 2024.

Palembang menjadi kota kedua digelarnya MIND ID Mediapreneur Talks setelah sebelumnya digelar di Hotel Aston, Kota Semarang, Jawa Tengah pada Kamis, 24 Oktober 2024 lalu.

MIND ID Mediapreneur Talks adalah seminar untuk memberikan wawasan terbaru seputar bisnis media informasi kepada insan pers, content creator hingga pengusaha media.

Kini, MIND ID Mediapreneur Talks hadir di Kota Palembang dengan menghadirkan tiga pembicara hebat di industri media. Event ini diisi oleh CEO Promedia Agus Sulistriyono, CEO Props Ilona Juwita, dan Koordinator Bidang Pelatihan dan Program Jurnalisme Berkualitas Komite Publisher Rights Fransiskus Surdiasis.

Mari mengintip keseruan event MIND ID Mediapreneur Talks yang menarik perhatian para insan pers hingga pengusaha media di Kota Palembang!

*Promedia Ajak Bangun Media, Bukan Sekadar "Punya-punyaan" Media*

Agus Sulistriyono selaku CEO Promedia mengenalkan kepada para insan jurnalis tentang perusahaan teknologi dan konsultan media yang berkolaborasi membangun media online bersama para pemilik media dengan mengusung konsep 'economic sharing' atau gotong royong.

"Promedia Teknologi Indonesia adalah perusahaan teknologi dan konsultan media. Berkolaborasi membangun media online arus utama bersama para pemilik media dan jurnalis di seluruh Indonesia," ujarnya.

"Perusahaan ini memberikan support (dukungan) teknologi, infrastruktur, pelatihan, strategi dan monetisasi dengan mengusung konsep economic sharing atau gotong royong," tegas Agus Sulis.

CEO Promedia itu menuturkan latar belakang hadirnya perusahaan tersebut salah satunya tentang upayanya membangun bisnis media.

"Diperkirakan lebih 50 ribu media online di tanah air, tapi mayoritas hanya 'punya-punyaan media'. Bukan sedang membangun bisnis media," ungkap Agus Sulis.

*Konsumsi Media di Indonesia Didominasi Medsos*

Ilona Juwita selaku Co-Founder dan CEO Props mengatakan konsumsi media di Indonesia didominasi oleh media sosial (medsos).

"Dengan sekitar 185 juta pengguna internet di Indonesia (66,5 persen dari total penduduk), konsumsi media masih didominasi oleh medsos," terangnya.

Ilona juga menyoroti konsumsi streaming dan on-demand yang menunjukkan pertumbuhan positif, namun berita online masih menarik perhatian 70 persen dari pengguna internet.

"Konsumsi konten streaming dan on-demand menunjukkan pertumbuhan positif, namun konsumsi berita online masih menarik sekitar 70 persen dari pengguna internet," jelasnya.

*Ekosistem Digital yang Adil*

Koordinator Bidang Pelatihan dan Program Jurnalisme Berkualitas Komite Publisher Right, Fransiskus Surdiasis menjelaskan tentang Publisher Rights yang salah satu objektifnya, ingin menciptakan ekosistem media digital yang tergolong adil di Indonesia.

"Ekosistem digital yang adil, memungkinkan kapasitas ekonomi media berita berkembang baik, jurnalisme yang berkualitas, dan ruang publik dan demokrasi yang sehat," bebernya.

Selain itu, Fransiskus menuturkan program dan pelatihan jurnalisme berkualitas yang dapat diselenggarakan sendiri oleh perusahaan platform digital maupun kerja sama dengan perusahaan media.

"Program dan pelatihan jurnalisme berkualitas dapat diselenggarakan sendiri oleh perusahaan platform digital, diselenggarakan dalam kerja sama dengan perusahaan media, atau pun diselenggarakan dalam koordinasi dengan komite (publisher rights)," tegasnya.***

Sentimen: positif (97%)