Kemen-PANRB tingkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui SKM Online
Antaranews.com Jenis Media: Politik
SKM Online lebih dari sekadar alat pengumpulan data, ini adalah wujud komitmen kami dalam memperkuat akuntabilitas dan transparansi birokrasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan meluncurkan survei kepuasan masyarakat (SKM) Online.
"SKM Online lebih dari sekadar alat pengumpulan data, ini adalah wujud komitmen kami dalam memperkuat akuntabilitas dan transparansi birokrasi," kata Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Otok Kuswandaru dalam siaran pers yang diterima ANTARA, di Jakarta, Sabtu.
Otok mengatakan peluncuran SKM Online ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat memberikan penilaian terhadap kinerja dan layanan Kementerian PANRB.
Penilaian masyarakat yang masuk lewat SKM Online itu akan langsung terdata oleh pihak Kementerian PANRB untuk selanjutnya menjadi bahan evaluasi para pegawai untuk memperbaiki pelayanan.
"Setiap masukan yang diberikan akan menjadi bahan untuk evaluasi dan peningkatan, sehingga di masa depan pelayanan publik dapat menjadi lebih responsif dan lebih baik," ujar Otok.
Saat ini, SKM Online masih dalam tahap uji coba melalui situs skm.go.id yang dapat diakses oleh masyarakat yang datang ke gedung kementerian.
Sebelumnya, secara survei internal Kementerian PANRB juga memiliki skm.menpan.go.id, dan akan diintegrasikan dengan skm.go.id.
Dengan adanya survei ini, Otok berharap pihaknya akan semakin berkembang dan terus berbenah sesuai dengan kritik dan masukan dari masyarakat.
. Kemen-PANRB dukung penguatan tata kelola organisasi Kementerian PKP
. Menteri PANRB apresiasi pelaksanaan reformasi birokrasi Kemen-BUMN
Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024
Sentimen: positif (99.2%)