Sentimen
Informasi Tambahan
Kab/Kota: Solo
Tokopedia dan ShopTokopedia Beberkan Tren Positif Belanja Online Produk Fashion
![Tokopedia dan ShopTokopedia Beberkan Tren Positif Belanja Online Produk Fashion](https://imgcdn.espos.id/@espos/images/2023/12/tokopedia-1.jpg?quality=60)
Esposin, SOLO - Tokopedia dan ShopTokopedia saat ini terus mendukung tumbuh kembang pelaku usaha Indonesia, termasuk brand fashion lokal. Industri fashion Tanah Air pun dinilai memiliki potensi besar.
Dari data Tokopedia dan ShopTokopedia di kuartal IV 2024, secara nasional ada beberapa produk fashion yang memiliki tren kenaikan tertinggi dari sisi jumlah transaksi. Produk tersebut di antaranya yakni atasan (kaus), blouse dan outerwear, hijab, baju tidur, serta sandal dan sepatu, dengan rata-rata kenaikan hampir 7 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Khusus di Jawa Tengah, sejumlah produk fashion dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Tokopedia dan ShopTokopedia, di antaranya jeans, blouse dan outerwear, hijab, baju tidur, serta sandal dan sepatu, dengan rata-rata lebih dari 8,5 kali lipat.
Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Antonia Adega, mengatakan, guna mendorong pertumbuhan industri fashion, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam inisiatif.
"Untuk makin mendorong geliat industri fashion termasuk batik dalam negeri, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam inisiatif, seperti Promo Guncang, Beli Lokal, dan Melokal Dengan Batik," jelas dia dalam rilis, Kamis (5/12/2024).
Disebutkan, Penjualan sejumlah brand fashion di 'Beli Lokal' Tokopedia dan ShopTokopedia bahkan naik 21 kali saat Promo Guncang 11.11.
Promo Guncang berlangsung di Tokopedia dan ShopTokopedia setiap tanggal kembar untuk mempermudah masyarakat menjangkau produk kebutuhan termasuk fashion dengan lebih murah lewat beragam penawaran, seperti bebas ongkir, cashback, dan diskon.
Di jam pertama puncak Promo Guncang 11.11 tahun ini, nilai transaksi di ShopTokopedia melalui fitur LIVE di TikTok meningkat hingga 26 kali lipat dibandingkan hari biasa. Di sisi lain, ada Beli Lokal yang memberikan etalase khusus bagi brand lokal termasuk fashion agar makin menjadi pilihan masyarakat.
"Fashion menjadi salah satu kategori produk paling laris pada kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia saat Promo Guncang 11.11 tahun 2024 berlangsung. Sejumlah brand fashion lokal bahkan merasakan peningkatan tertinggi nilai penjualan dengan rata-rata lebih dari 21 kali lipat melalui kampanye Beli Lokal saat Promo Guncang 11.11," kata Antonia.
Dia menambahkan, secara umum brand yang berpartisipasi dalam kampanye Beli Lokal, dan mengalami peningkatan transaksi tertinggi saat Promo Guncang 11.11 berlangsung, berasal dari beberapa kategori. Mulai dari produk groceries, elektronik, dan rumah tangga, dengan rata-rata kenaikan hampir 24 kali lipat.
Ada program lain, yakni Melokal dengan Batik, Tokopedia dan ShopTokopedia juga menjadikan transaksi sejumlah produk batik naik 6 kali lipat. Inisiatif yang diluncurkan pada awal tahun 2024 itu salah satunya bertujuan meningkatkan minat beli masyarakat terhadap produk batik lokal.
Berkat inisiatif Melokal Dengan Batik, di skala nasional, terdapat sejumlah produk batik dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Tokopedia dan ShopTokopedia. Di antaranga atasan batik (jaket, blouse), kain batik, dan bawahan batik, dengan rata-rata lebih dari 6 kali lipat berdasarkan data Tokopedia dan ShopTokopedia kuartal IV 2024 yang dibandingkan dengan kuartal IV 2023.
Sedangkan khusus di Jawa Tengah, sejumlah produk batik dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Tokopedia dan ShopTokopedia, antara lain atasan batik (jaket, blouse), kain batik, dan aksesoris batik (belangkon, syal batik), dengan rata-rata hampir 4 kali lipat.
Sentimen: neutral (0%)