Sentimen
Informasi Tambahan
Institusi: Sekretaris Direktorat Jenderal
Kab/Kota: Malang
Tokoh Terkait
Komdigi Jembatani UMKM dengan Mitra Strategis agar Lebih Berdaya Saing
Medcom.id Jenis Media: Nasional
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) berupaya membantu UMKM Indonesia lebih berdaya saing. Salah satu upayanya lewat kegiatan busines matching bertajuk 'Unlocking Local to Global Potential'. "Kegiatan ini dirancang khusus sebagai jembatan kolaborasi antara UMKM dan mitra strategis. Sehingga UMKM Indonesia dapat tumbuh dan memiliki daya saing tinggi dalam menghadapi tantangan perdagangan global di era digitalisasi saat ini." kata Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Komdigi, I Nyoman Adhiarna, dalam keterangannya, Jumat, 6 Desember 2024. Kegiatan ini menghadirkan 10 UMKM Champion yang telah berhasil mengembangkan usaha setelah mendapatkan pendampingan intensif selama empat bulan dan mendapatkan fasilitasi berupa workshop dari narasumber yang kompeten di bidangnya. Peningkatan omzet, efisiensi bisnis, dan perluasan akses pasar diperoleh dengan dukungan pemanfaatan teknologi digital baik dalam operasional usaha maupun pemasaran. "Selamat kepada 10 UMKM Champion program UMKM Level Up Business Accelerator tahun 2024," ungkapnya. Ia menerangkan kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu pitching session dan networking session. Pada pitching session, setiap UMKM memaparkan ide, inovasi, potensi, dan visi bisnis perusahaan kepada para panelis yang memberikan tanggapan serta masukan. Para panelis tersebut ialah Retail Store Group Head PT. Sarinah Ferry Paskah Hasiholan, yang fokus pada potensi partnership dan kolaborasi bagi UMKM. Kemudian, CEO Ekspor.id Choirul Amin yang menanggapi terkait potensi ekspor dan strategi penetrasi pasar luar negeri. Panelis lainnya, Investment Associate ANGIN Tamana Shamara yang memberikan saran tentang potensi permodalan dan investasi. Lalu, Advisor Fundex Securities Crowdfunding Didi Diarsa, yang memberikan pandangannya mengenai peluang pembiayaan melalui platform securities crowdfunding. Dalam networking session, seluruh panelis dan tamu undangan mengunjungi booth para UMKM Champion untuk melihat langsung produk-produk unggulan mereka. 10 UMKM Champion yaitu Alamme, Bagbone Leather, Eboni Watch, Milyarda Hijab, Pempek Pistel Kiarin, Kampoeng Anyaman, Guru Batik, Namira Ecoprint, Fairuziba Bolen Malang, dan Bananania. "Mereka berkesempatan untuk bertukar ide dan menjalin relasi dengan calon mitra pada sesi ini," jelasnya. I Nyoman Adhiarna menyampaikan apresiasi kepada para coach pendamping dan mitra strategis yang telah memberikan kontribusi nyata dalam mendukung perkembangan UMKM Indonesia. Kegiatan diakhiri dengan pemberian penghargaan berupa plakat dan sertifikat. Turut hadir perwakilan dari PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), yang merupakan mitra dalam program ini, untuk menyerahkan apresiasi kepada 10 UMKM berupa smartphone dan total 750 booklet company profile.
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) berupaya membantu UMKM Indonesia lebih berdaya saing. Salah satu upayanya lewat kegiatan busines matching bertajuk 'Unlocking Local to Global Potential'.
"Kegiatan ini dirancang khusus sebagai jembatan kolaborasi antara UMKM dan mitra strategis. Sehingga UMKM Indonesia dapat tumbuh dan memiliki daya saing tinggi dalam menghadapi tantangan perdagangan global di era digitalisasi saat ini." kata Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Komdigi, I Nyoman Adhiarna, dalam keterangannya, Jumat, 6 Desember 2024.
Kegiatan ini menghadirkan 10 UMKM Champion yang telah berhasil mengembangkan usaha setelah mendapatkan pendampingan intensif selama empat bulan dan mendapatkan fasilitasi berupa workshop dari narasumber yang kompeten di bidangnya. Peningkatan omzet, efisiensi bisnis, dan perluasan akses pasar diperoleh dengan dukungan pemanfaatan teknologi digital baik dalam operasional usaha maupun pemasaran.
"Selamat kepada 10 UMKM Champion program UMKM Level Up Business Accelerator tahun 2024," ungkapnya.
Ia menerangkan kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu pitching session dan networking session. Pada pitching session, setiap UMKM memaparkan ide, inovasi, potensi, dan visi bisnis perusahaan kepada para panelis yang memberikan tanggapan serta masukan.
Para panelis tersebut ialah Retail Store Group Head PT. Sarinah Ferry Paskah Hasiholan, yang fokus pada potensi partnership dan kolaborasi bagi UMKM. Kemudian, CEO Ekspor.id Choirul Amin yang menanggapi terkait potensi ekspor dan strategi penetrasi pasar luar negeri.
Panelis lainnya, Investment Associate ANGIN Tamana Shamara yang memberikan saran tentang potensi permodalan dan investasi. Lalu, Advisor Fundex Securities Crowdfunding Didi Diarsa, yang memberikan pandangannya mengenai peluang pembiayaan melalui platform securities crowdfunding.
Dalam networking session, seluruh panelis dan tamu undangan mengunjungi booth para UMKM Champion untuk melihat langsung produk-produk unggulan mereka. 10 UMKM Champion yaitu Alamme, Bagbone Leather, Eboni Watch, Milyarda Hijab, Pempek Pistel Kiarin, Kampoeng Anyaman, Guru Batik, Namira Ecoprint, Fairuziba Bolen Malang, dan Bananania.
"Mereka berkesempatan untuk bertukar ide dan menjalin relasi dengan calon mitra pada sesi ini," jelasnya.
I Nyoman Adhiarna menyampaikan apresiasi kepada para coach pendamping dan mitra strategis yang telah memberikan kontribusi nyata dalam mendukung perkembangan UMKM Indonesia.
Kegiatan diakhiri dengan pemberian penghargaan berupa plakat dan sertifikat. Turut hadir perwakilan dari PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), yang merupakan mitra dalam program ini, untuk menyerahkan apresiasi kepada 10 UMKM berupa smartphone dan total 750 booklet company profile.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id
(AGA)
Sentimen: positif (100%)