Sentimen
Informasi Tambahan
Brand/Merek: Isuzu
Kab/Kota: Bekasi, Pluit
Tokoh Terkait
Arifin
Panther Melegenda, Kini Pakai Ribuan Pemasok Lokal
Detik.com Jenis Media: Otomotif
Isuzu memasuki umur 50 tahun di Indonesia. Jika diibaratkan manusia, usia setengah abad ini merupakan masa-masa emas dengan beragam pengalaman. Tak cuma itu, perusahaan juga terbukti punya daya tahan. Bagaimana kiprah singkat dari Isuzu di Indonesia?
Isuzu membangun bisnis di Indonesia dimulai pada 1974 dengan mengenalkan model pikap Isuzu TLD. Ketika itu, mereka langsung menjadi perhatian publik, terutama konsumen kendaraan komersial. Lalu Isuzu Panther muncul sejak 1991 hingga 2021. MPV ini menjadi salah satu legenda di Indonesia.
"Awalnya adalah Isuzu Panther, kita bisa lihat (tahun) 1991 kita luncurkan. Isuzu Panther pada zamannya itu di Pantja Motor dan dulunya adalah IAMI sangat kuat, pada 2008 kita berpindah fokus ke commercial vehicles, karena selama periode Panther yang sangat kuat, ada PR (pekerjaan rumah) yang kita tidak kerjakan dengan baik, yaitu commercial vehicles," kata Yusak Kristian Solaeman selaku Presiden Direktur Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Isuzu Training Center, Pondok Ungu, Bekasi, Sabtu (23/11/2024).
Isuzu konvoi bareng konsumen Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)Pada 2008 atau 16 tahun silam, IAMI memutuskan fokus sepenuhnya ke industri kendaraan komersial. Langkah strategis tersebut diambil untuk kembali kepada akar bisnis mereka sebagai produsen kendaraan komersial terkemuka.
PT IAMI lalu memantapkan posisinya sebagai pemimpin di industri kendaraan komersial melalui rangkaian produknya seperti Isuzu GIGA, Isuzu Elf, Isuzu Mu-X, dan Isuzu D-MAX.
"Isuzu telah meraih posisi yang kuat dan terpercaya di sektor kendaraan komersial Indonesia, dengan market share per Oktober 2024 ada di level 30,6 persen, naik sebesar 3,1 persen dibanding periode yang sama tahun lalu," ujar Yusak.
Yusak mengatakan PT IAMI tidak akan berhenti untuk berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Yang menarik perhatian, merek asal Jepang itu sudah menggunakan ribuan pemasok dalam negeri.
"Salah satu contoh jumlah supplier ternyata setelah kita data, Tier 1 dan Tier 2 jumlahnya sudah dua ribuan. Bayangkan pergerakan roda ekonomi Indonesia lumayan signifikan. Saya coba menghitung jumlah karyawannya puluhan ribu jumlahnya, dari tier 1 dan tier 2 supplier kita," kata Yusak.
Dia berharap, Isuzu bisa melahirkan produk baru yang bisa diterima masyarakat.
"Itu yang kita harapkan, baru 50 tahun pertama kita bisa berkontribusi sekian, harapannya kalau kita makin bertumbuh, ekosistem kita makin bertumbuh," jelasnya lagi.
Puncak perayaan ke-50, Isuzu mengajak para konsumen produk Isuzu. Bertolak dari Isuzu Training Center, Pondok Ungu, Bekasi menuju Menara Astra dan selesai dengan menanam 50 pohon di Taman Waduk Pluit, Jakarta Utara.
PT IAMI berkolaborasi dengan banyak pihak untuk ikut berpartisipasi dalam rangkaian konvoi tersebut, di antaranya dari instansi pemerintahan yang melibatkan Dinas Perhubungan dan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Otoritas Jasa Keuangan, serta Korlantas Polri. Unit-Unit Isuzu dari berbagai instansi pemerintahan tersebut diantaranya difungsikan sebagai ambulance, bus sekolah, bus sekolah disabilitas, sky lift, mobil aspirasi masyarakat juara (maskara), microbus E-KTP, mini dump, road sweeper, dan sebagainya.
Isuzu Foto: Ridwan ArifinSelain itu, Astra Group juga ikut serta membawa mobil pelayanan kesehatan dan towing milik PT Asuransi Astra Buana, Mobile EV Charger Concept kolaborasi Astra Otoparts dan Karoseri Delima Mandiri, Wing Box milik PT Mobilitas Digital Indonesia, BIB Blindvan milik Astra Isuzu, dan lain-lain. Tidak hanya itu, beberapa mitra Karoseri juga dilibatkan seperti Delima Mandiri dengan campervan dan Towing hingga komunitas Isuzu seperti Elf Mania Cinta Indonesia (EMCI), Isuzu Lovers and Friends (ILF), Komunitas Traga dan Indonesia Mu-X Community Indonesia (IMCI).
Isuzu menanam 50 pohon di Waduk Pluit, Jakarta Utara Foto: Ridwan ArifinKomitmen Isuzu turut serta dalam menciptakan dunia yang lebih baik dengan menjadi partner sejati dalam memajukan Indonesia di berbagai sektor, sejalan dengan satu dari empat pilar keberlanjutan yang diusung oleh Isuzu yaitu Isuzu Environment Partner. Kepedulian ini diwujudkan dengan menginisiasi aktivitas penanaman 50 pohon trembesi, hasil dari penanaman 50 pohon trembesi ini bisa menyerap hingga 15.669 kgCO2eq di tahun pertama dan akan terus bertambah di tahun-tahun berikutnya.
"Pada momen ulang tahun Isuzu yang ke-50 ini, PT IAMI melakukan penanaman 50 pohon trembesi di Taman Waduk Pluit. Kegiatan penanaman pohon ini termasuk ke dalam kegiatan Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh kami untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan dapat berguna untuk masyarakat sekitar, dengan kata lain menanam pohon adalah langkah yang kecil tapi dapat berdampak besar". ujar Vice President Director PT IAMI, Masayasu Hideshima.
(riar/rgr)
Sentimen: positif (100%)