Sentimen
Positif (100%)
19 Nov 2024 : 06.50

Tren Bisnis yang Makin Dilirik di Indonesia

19 Nov 2024 : 13.50 Views 2

Medcom.id Medcom.id Jenis Media: Ekonomi

Tren Bisnis yang Makin Dilirik di Indonesia
Jakarta: Industri makanan dan minuman di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Konsumen yang semakin selektif dalam memilih produk berkualitas memicu pengusaha untuk menghadirkan inovasi baru dalam sektor ini. Salah satu model bisnis yang semakin populer adalah franchise, terutama di kategori F&B (Food and Beverage).
 
"Franchise memungkinkan pelaku usaha pemula memulai bisnis dengan dukungan yang terstruktur, mulai dari sistem operasional hingga strategi pemasaran," kata Tim Franchise Bingxue Indonesia, Andrew dalam keterangannya yang dikutip Senin 17 November 2024. 
 
Menurutnya, tren ini menarik perhatian karena memberikan kesempatan kepada pengusaha untuk memanfaatkan merek yang sudah dikenal di pasar.
Baca juga: Belajar dari Pemimpin Usaha Franchise agar Tetap Eksis
 
Model franchise juga menawarkan fleksibilitas bagi calon mitra. Banyak merek kini menyediakan pilihan skema kemitraan yang memungkinkan mitra menyesuaikan ukuran dan konsep bisnis dengan modal yang tersedia. 
 
"Ini memudahkan pebisnis baru untuk masuk ke industri F&B tanpa harus mulai dari nol," tambah Andrew.
 
Dalam konteks ini, inovasi produk menjadi kunci utama kesuksesan bisnis franchise. Konsumen selalu mencari variasi baru yang menarik, baik dari segi rasa maupun pengalaman. 
 
"Inovasi tidak hanya soal menu, tetapi juga bagaimana brand menyampaikan cerita dan menciptakan koneksi dengan pelanggan," ujar Andrew.
 
Antusiasme terhadap sektor F&B juga terlihat dari tingginya partisipasi merek-merek franchise dalam pameran seperti IFBC 2024. Ajang ini tidak hanya mempertemukan calon mitra dengan pemilik brand, tetapi juga menjadi ruang untuk menampilkan tren terbaru di industri makanan dan minuman.
 
Melihat peluang ini, para pelaku usaha franchise berkomitmen untuk terus menghadirkan produk-produk yang relevan dengan kebutuhan pasar. "Sektor F&B adalah industri yang dinamis. Siapa pun yang ingin bertahan harus selalu berinovasi," ujar Andrew.
 
Andrew menegaskan franchise di sektor F&B menjadi salah satu opsi yang menarik bagi pengusaha di Indonesia. Dukungan sistem yang sudah mapan, inovasi produk, dan peluang pasar yang besar menjadikan model ini salah satu cara efektif untuk memulai perjalanan bisnis.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

(DHI)

Sentimen: positif (100%)