Sentimen
Informasi Tambahan
BUMN: IndiHome, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Telekomunikasi Selular
IndiHome Layani 9,4 juta Pelanggan Kuartal III/2024, Bertambah 682.000 Pengguna
Bisnis.com Jenis Media: Tekno
Bisnis.com, JAKARTA - IndiHome, layanan internet rumah milik PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), telah melayani 9,4 juta pelanggan pada kuartal III/2024 atau bertambah 682.000 pelanggan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Jumlah pelanggan baru yang berhasil dirangkul Telkomsel pada tahun ini juga lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pelanggan baru pada kuartal III/2023 yang mencapai sekitar 200.000-an pelanggan.
VP Corporate Communication & Social Responsibility Telkomsel Saki H. Bramono mengatakan pertumbuhan tersebut didorong oleh kapabilitas Telkomsel dalam menjangkau masyarakat. Pertumbuhan tersebut juga tidak terlepas dari dukungan Telkom Group, sebagai induk perusahaan.
“Harapannya ke depan IndiHome dapat terus dapat melayani lebih banyak masyarakat dengan layanan internet berkualitas,” kata Saki kepada Bisnis, Selasa (12/11/2024).
Dari sisi pendapatan, IndiHome mencatatkan peningkatan hingga 200% year on year pada kuartal III/2024 menjadi Rp19,84 triliun. Peningkatan pendapatan tersebut terjadi setelah terjadi integrasi. Rerata pendapatan yang dibukukan Telkomsel dari pelanggan IndiHome mencapai Rp239.200.
Dalam laporan info memo, Telkom menyampaikan akan mempertahankan dominasi pasar dengan mempercepat pertumbuhan pelanggan dan mendorong penetrasi pasar yang lebih tinggi, menghasilkan nilai sinergi dari efisiensi biaya dan upaya integrasi yang kuat.
Telkom telah menyadari manfaat dari pengoptimalan konten, penjualan silang, integrasi layanan, penghematan biaya dalam akuisisi CPE, dan penyederhanaan titik kontak pelanggan yang tumpang tindih, menjangkau sekitar 300 outlet.
“Strategi yang disederhanakan ini meningkatkan kepuasan pelanggan dan efisiensi operasional sekaligus memajukan kepemimpinan pasar kami,” tulis Telkom dalam info memo.
Dalam mengejar pertumbuhan berkelanjutan, ke depan perusahaan memprioritaskan percepatan penetrasi pita lebar tetap dan berekspansi ke segmen baru, termasuk pasar menengah ke bawah, sekaligus memberikan layanan berkualitas dan berkecepatan tinggi.
Telkom telah secara efektif mengamankan pelanggan eksisting dengan meningkatkan pengalaman pengguna dan mendorong keterlibatan.
“Ke depannya, kami berkomitmen untuk lebih meningkatkan layanan kami dan memperluas jangkauan kami, sekaligus mempertahankan standar kualitas yang tinggi untuk mendukung posisi masa depan sebagai operator konvergensi,” tulis Telkom.
Sentimen: positif (97%)