Sentimen
Informasi Tambahan
Brand/Merek: Apple, Oppo, Tesla, Ford, Huawei, Vivo
Kab/Kota: Tiongkok
Tokoh Terkait
Mengapa Tesla dan Apple Kalah Bersaing di China?
Republika.co.id Jenis Media: Otomotif
REPUBLIKA.CO.ID,Setelah mencapai angka penjualan yang tinggi di China selama bertahun-tahun, baik Apple maupun Tesla mengalami kemerosotan di negara tersebut. Seperti data keuangan lainnya, ada banyak faktor rumit yang berperan, namun dampaknya sulit untuk diabaikan: konsumen China semakin kurang tertarik pada dua merek teknologi terbesar Amerika Serikat (AS).
Pendapatan Apple di China turun untuk pertama kalinya pada kuartal ini, turun lebih dari 10 persen dari hanya di bawah 24 miliar dolar AS pada tahun 2022 menjadi hanya di bawah 21 miliar dolar AS pada tahun 2023.
Sebenarnya penurunan 3 miliar dolar AS tidak terlalu mengurangi laba perusahaan, namun melihat angka tersebut turun untuk pertama kalinya – terutama di China, yang telah menjadi sumber pertumbuhan besar bagi Apple – sudah cukup untuk menakuti investor. Dalam minggu-minggu berikutnya, harga saham perusahaan tersebut anjlok.
Tesla juga menghadapi banyak masalah yang sama. Sebuah laporan dari Asosiasi Mobil Penumpang China mengungkapkan bahwa penjualan Tesla di bulan Februari turun 19 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Ada banyak alasan atas penurunan penjualan Tesla, bahkan di luar keterpurukan pribadi Elon. Saat ini terdapat kelebihan pasokan global di pasar kendaraan listrik, yang memberikan dampak yang lebih buruk bagi produsen mobil Detroit seperti Ford, dan GM, dibandingkan Tesla. China juga berada di tengah resesi, yang menjadikannya tempat yang sangat sulit untuk menjual mobil kelas atas.
Namun penurunan itu bisa dijelaskan secara yang lebih sederhana: Apple dan Tesla telah dibuat lengah oleh perusahaan-perusahaan China, misalnya Huawei. Dimasukkan ke dalam daftar entitas AS pada tahun 2019, Huawei tidak dapat menggunakan komponen atau perangkat lunak AS seperti varian saham Google di Android.
Tanpa YouTube, tanpa Gmail, dan tanpa Google Play Store menjadikan ponsel Huawei tidak populer di AS dan Eropa. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah di Tiongkok, di mana layanan Google dilarang dan impor chip sangat dibatasi.
Jadi, Huawei telah berkembang menjadi merek ponsel pintar andalan yang serius, memakan pangsa pasar dari Apple, Oppo, dan Vivo selama setahun terakhir. Apple telah lama menguasai pasar ponsel pintar kelas atas — namun di China, Huawei telah menjadi merek paling populer di kalangan anak muda dan perubahan ini mulai terlihat pada angka penjualan.
Tesla menghadapi masalah serupa dengan merek-merek China seperti Nio, Li Auto, dan BYD. (Nio, khususnya, telah mengembangkan pengikut setia yang sangat mirip dengan basis penggemar fanatik Tesla di AS.)
CEO Tesla Elon Musk telah berbicara banyak tentang rasa hormatnya terhadap merek-merek China. Namun Tesla belum melakukan apa pun untuk benar-benar bersaing dengan mereka.
Sudah empat tahun sejak peluncuran Model Y yang sangat sukses, dan Tesla menghabiskan tahun-tahun tersebut dengan fokus pada teknologi self-driving yang bermasalah atau rencana Cybertruck.
Selama periode yang sama, seluruh industri kendaraan listrik bermunculan di China, berfokus pada penyediaan variasi Model Y yang lebih murah. Apakah mengherankan jika Tesla kesulitan untuk mengimbanginya?
Ini adalah masalah yang sulit dikenali oleh perusahaan-perusahaan AS karena, jika dilihat dari situasi di Cupertino dan Austin, Anda tidak akan pernah benar-benar melihat seseorang menggunakan Huawei Mate 60 atau Nio ES6.
Bahkan jika mereka melihatnya, sulit untuk mengantisipasi apa yang diinginkan konsumen China dengan lebih baik dibandingkan perusahaan-perusahaan yang berbasis di China.
Hal ini merupakan sebuah pil pahit bagi perusahaan-perusahaan AS yang mempertaruhkan pertumbuhan mereka pada ekspansi – dan sebuah masalah yang tidak hanya terjadi pada Apple dan Tesla.
sumber : restofworld
Sentimen: negatif (80%)