Sentimen
Informasi Tambahan
Kab/Kota: bandung
Tokoh Terkait
Fakta-Fakta LRT Jabodebek, Rampungnya Proyek Impossible Jadi Sorotan Jokowi
Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko mencatat, ada proses pengerjaan longspan dari jalur LRT Jabodebek yang dinilai jadi satu masalah. Tiko menduga ada salah desain di posisi ini.
"Ini contohnya, kalau lihat longspan dari Gatot Subroto ke Kuningan, itu kan ada jembatan besar tuh, itu sebenernya salah desain, karena dulu Adhi udah bangun jembatannya, tapi dia enggak ngetes sudut kemiringan keretanya. Jadi sekarang kalau belok harus pelan sekali, karena harusnya itu lebih lebar tikungannya. Kalau tikungannya lebih lebar, dia bisa belok sambil speed up," paparnya beberapa waktu lalu.
"Karena tikungannya sekarang sudah terlanjur dibikin sempit, mau gak mau keretanya harus jalan hanya 20 km per jam, pelaan banget," tambah Tiko.
Bukan Salah Desain
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membantah rel lengkung jembatan panjang atau longspan LRT Jabodebek salah desain. Menurutnya, yang telah dibangun saat ini adalah solusi dari hambatan yang ada.
Diketahui, longspan LRT Jabodebek yang dimaksud adalah longspan Gatoto Subroto - Kuningan yang membentang cukup panjang. Menhub Budi mengatakan, longspan itu jadi solusi untuk lajur kereta LRT Jabodebek.
"Saya ga ngomong salah dan benar, tetapi adalah suatu kelaziman bahwa pada satu tikungan harus ada solusi. Coba bayangin kalau di tengah-tengahnya ada kolom, atau dibikin segi empat, suruh berhenti? ya itu solusi desain yang optimum, saya ga katakan itu maksimum," kata dia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (3/8/2023).
"Jadi kalau saya, saya bisa katakan tidak salah, itu adalah solusi desain," tegasnya.
Menhub Budi mengatakan, dalam membangun jalur LRT Jabodebek, kawasan Gatot Subroto-Kuningan membutuhkan satu solusi. Yakni, dengan dibangun longspan yang membentang.
Dia menyoroti kalau longspan LRT Jabodebek itu merupakan karya pertama yang dibuat dan dirancang oleh orang asli Indonesia.
"Yang namanya desain itu memang dengan hambatan, lalu arsitek, engineer mencari solusi, jadi kalau saya sih sebagai engineer juga mengapresiasi suatu karya anak bangsa, desain, wanita dari Bandung dengan panjang dan tikungan pertama kali," jelasnya.
Sentimen: negatif (87.7%)