Sentimen
Positif (100%)
31 Jul 2023 : 00.25
Informasi Tambahan

Brand/Merek: Toyota, Nissan, BMW, Porsche, Honda, Tesla, Mercedes-Benz, Volvo

BUMN: PT Pertamina, PLN

Kab/Kota: Batang, Karet, Washington, Konawe, Kuala Lumpur

Kasus: korupsi

Tesla Telah Memilih Malaysia, Akankah Sukses Diboyong ke Indonesia?

31 Jul 2023 : 07.25 Views 1

Republika.co.id Republika.co.id Jenis Media: Otomotif

Tesla Telah Memilih Malaysia, Akankah Sukses Diboyong ke Indonesia?

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan telah membuat jadwal pertemuan dengan Elon Musk setelah multimiliuner pemilik produsen mobil Tesla itu menolak Indonesia dan memilih Malaysia untuk kantor pusatnya di Asia Tenggara.

Luhut  telah menjadikan orang terkaya di dunia itu sebagai target dari upaya pemerintah Indonesia untuk menarik investor kelas berat dalam perjalanan menuju ekspansi besar-besaran ke baterai dan mobil listrik (EV) berbasis nikel.

Tetapi pembicaraan menjadi sepi di akhir tahun 2022 dan pengumuman Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bahwa perusahaan mobil Tesla milik Musk mendirikan kantor regional dan pusat layanan di Selangor, negara bagian di sekitar Kuala Lumpur, mengejutkan orang Indonesia.

Malaysia mempermanis pot dengan mengizinkan Tesla mengimpor model Model 3 dan Model Y terbarunya, yang peluncurannya berkontribusi pada peningkatan produksi EV menjadi 441.000 unit pada kuartal pertama tahun ini, meningkat 86 persendibandingkan periode yang sama pada tahun 2022.

Anwar rupanya tidak mengungkapkan apa-apa saat Luhut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Kuala Lumpur pada awal Juni yang fokus utamanya adalah masalah perbatasan dan kesejahteraan pekerja migran Indonesia di Malaysia.

Sumber yang dekat dengan Luhut mengatakan dia hanya memiliki firasat tentang langkah Musk beberapa hari sebelum pengumuman pemerintah Malaysia. Namun hal itu tidak mengurangi rasa kecewa karena tidak bisa mencium dengan pasti keputusan Tesla.

Hanya beberapa hari kemudian, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia memblokir Musk's X, situs media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, karena belum sesuai dengan undang-undang negara yang ketat terhadap pornografi, perjudian, dan pelanggaran online lainnya.

Indonesia memiliki 24 juta pengguna Twitter, tertinggi kelima di dunia setelah Amerika Serikat (95,4 juta), Jepang (67,5 juta), India (27,3 juta) dan Brasil (24,3 juta).

Musk jelas melihat Malaysia sebagai pasar ritel yang berpotensi tumbuh cepat, yang mungkin tidak menghalangi dia untuk melihat Indonesia sebagai sumber baterai EV atau komponen lain yang berkembang di masa depan yang berasal dari pemrosesan sumber nikel, kobalt, dan tembaga yang kaya.

Industri mobil Malaysia

Malaysia telah lama memiliki industri otomotif yang matang. Toyota, Nissan, Honda, Volvo, Porsche, BMW, dan Mercedes-Benz sudah beroperasi di Selangor dan pemerintah baru-baru ini meluncurkan inisiatif Battery Electric Vehicle Global Leaders untuk menarik pembuat EV, yang disebut Musk sebagai "berwawasan ke depan".

Sejak 2018, Otoritas Pengembangan Investasi Malaysia (MIDA) telah menyetujui 58 proyek EV senilai 5,8 miliar dolar AS, mulai dari pabrik perakitan hingga pabrik yang memproduksi suku cadang dan komponen pengisian daya.

Berbeda dengan Indonesia, Malaysia tidak memaksa investor memiliki mitra lokal. Selain itu, Malaysia memiliki ekosistem EV yang lebih siap, dengan 1.000 stasiun pengisian daya di seluruh negara berpenduduk 34 juta orang. Malaysia berencana untuk menambah 10.000 lagi pada tahun 2025 dan sebagian mengandalkan bantuan Tesla.

Indonesia, sebagai perbandingan, hanya memiliki 450 stasiun pengisian daya, sebagian besar berada di Pulau Jawa. Dibutuhkan 20.000 stasiun pengisian daya selama dua tahun ke depan untuk melayani 400.000 mobil listrik yang ditargetkan – dan kemudian untuk memfasilitasi perjalanan jarak jauh di luar Jakarta.

Luhut tidak gentar dengan kejadian terkini. Dia mengatakan berencana untuk bertemu dengan Musk pada 2 Agustus dan menegaskan investasi Tesla masih dalam rencana meskipun ada kesepakatan dengan negara tetangga yang memiliki hubungan yang dekat, tetapi sering kali sulit.

Sejarah mencatat ke konflik bersenjata yang dikenal sebagai Konfrontasi di awal 1960-an atas penentangan Indonesia terhadap pembentukan negara Malaysia dari Federasi Malaya, bekas jajahan Inggris.

Kalah dari Malaysia sulit diterima oleh orang Indonesia, yang dirugikan pada tahun 2002 ketika Mahkamah Internasional memberikan pulau Sipadan dan Ligitan yang diperebutkan di Kalimantan di Laut Sulawesi ke Malaysia.

Memang, media Indonesia sangat sedikit berbicara tentang kemunduran Tesla, tanda rasa malu – atau mungkin bukti lebih lanjut dari kontrol pemerintah atas informasi yang tidak ingin disebarluaskan.

“Jika saya Musk, saya akan berinvestasi dulu di Malaysia,” kata seorang analis bisnis Indonesia. “Malaysia memiliki pendapatan per kapita yang lebih tinggi, yang berarti lebih banyak penjualan EV, dan infrastruktur jalan yang lebih baik. Untuk saat ini, pertumbuhan EV Indonesia ada di sekitar sepeda motor.”

Terlepas dari empat pertemuan dengan Tesla pada 2020-2021 – dan serangkaian pernyataan publik yang tampaknya terlalu percaya diri – tim negosiasi Luhut, yang juga termasuk menantunya, tidak dapat memenangkan hati Musk.

Dengan Presiden Widodo memanggilnya “super-jenius,” bahkan kunjungan pemimpin Indonesia pada Mei 2022 yang sangat dinanti-nantikan ke kompleks SpaceX mogul teknologi di dekat Brownsville di Pantai Teluk Texas gagal membuahkan hasil.

Musk memang tampak optimistis tentang investasi masa depan, tetapi di balik layar dia dilaporkan menyatakan keprihatinannya tentang kerangka peraturan Indonesia yang “kacau” dan tingginya tingkat korupsi, yang semakin memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Sesaat sebelum kunjungan Musk, Luhut mengeluhkan Musk yang terlalu banyak menuntut. “Tesla terlalu banyak mendikte,” katanya, menekankan perlunya perusahaan untuk memenuhi pedoman investasi dalam negeri Indonesia.

Luhut awalnya mendorong Tesla untuk membangun pabrik sistem penyimpanan energi (ESS) di kawasan industri Batang Jawa Tengah, tetapi fokus Musk hanya pada baterai dan bermitra dengan pemasok ramah lingkungan.

Dianggap sebagai kunci masa depan industri EV dan tenaga listrik, ESS adalah perangkat atau kombinasi perangkat yang mampu menyimpan energi dari panel surya dan turbin angin yang dapat digunakan di kemudian hari.

Hambatan peraturan

Musk juga disebut-sebut tidak memilih Indonesia karena pemerintah menginginkan investor EV untuk bermitra dengan Indonesian Battery Corporation (IBC) milik negara yang akan memungkinkan pengembangan terintegrasi dan mempercepat transfer teknologi, yang selalu menjadi masalah penting bagi Indonesia.

IBC adalah perusahaan induk yang terdiri dari Indonesia Asahan Aluminium (MIND ID), penambang emas dan nikel Aneka Tambang (Antam), perusahaan minyak Pertamina dan perusahaan utilitas Perusahaan Listrik Negara (PLN), yang masing-masing memegang 25 persen saham.

Luhut mengklaim pada Agustus tahun lalu bahwa Tesla telah menandatangani kontrak senilai sekitar 5 miliar dolar AS untuk membeli bahan baterai litiumnya dari fasilitas pemrosesan yang terkonsentrasi di Indonesia timur yang kaya nikel. Namun,  Luhut tidak memberikan detailnya.

Berita buruk lainnya bagi Indonesia adalah meningkatnya hambatan terhadap usulan kesepakatan perdagangan bebas dengan Amerika Serikat mengenai mineral penting yang digunakan dalam rantai pasokan baterai kendaraan listrik, yang akan membuka jalan bagi kredit pajak berdasarkan Undang-Undang Pengurangan Inflasi (IRA).

Sebagai produsen nikel terbesar di dunia, salah satu mineral penting tersebut, Indonesia telah melarang ekspor bijih nikel untuk memaksa pembangunan pabrik berbasis nikel di dalam negeri yang memproduksi baja tahan karat dan baterai lithium-ion.

Meskipun mitra perjanjian perdagangan bebas (FTA) AS menyumbang kurang dari 10 persen dari produksi nikel global, para analis mengatakan Washington kemungkinan akan mendorong Indonesia untuk membatasi larangan ekspor, yang sekarang juga berlaku untuk bauksit dan ke depannya akan berlaku untuk timah dan tembaga konsentrat.

Indonesia saat ini sedang mengajukan banding atas keputusan Organisasi Perdagangan Dunia yang menganggap larangan ekspor dan aturan pemrosesan domestik merupakan praktik perdagangan yang tidak adil, yang menyebabkan gangguan pasar tetapi dianggap sebagai kunci masa depan industri Indonesia.

Rintangan lebih lanjut dihadirkan oleh keterlibatan Cina dalam industri nikel, dengan pembuat baja Tsingshan dan perusahaan Cina lainnya menjadi investor dominan di tiga pusat kilang utama di Morawali dan Konawe di Sulawesi Tengah dan Tenggara serta Teluk Weda di Maluku.

Hal itu akan membuka jalan bagi perusahaan China untuk mendapatkan keuntungan secara tidak langsung dari kredit pajak IRA, sebuah pelanggaran ketentuan dalam undang-undang tentang teknologi baterai atau mineral penting yang bersumber dari "entitas asing yang menjadi perhatian".

 

Masalah ketiga berasal dari penggunaan eksklusif batu bara untuk menggerakkan Morawali dan Teluk Weda, yang tampaknya menghalangi Indonesia untuk mendapatkan keuntungan dari kredit pajak mengingat penekanan yang diberikan IRA pada penggunaan energi terbarukan.

Setelah kunjungan ke Morawali tahun lalu, di mana masalah ketenagakerjaan juga menjadi masalah, eksekutif Tesla menggarisbawahi fokus tunggal Musk pada energi bersih, yang diangkat selama diskusi perusahaan dengan orang Indonesia.

Para analis meragukan pemerintah AS akan menjalankan rencana FTA terbatas, dengan fokus yang sempit, dengan mengatakan bahwa para pejabat pertama-tama ingin melihat lebih banyak kemajuan di Indonesia dalam mengimplementasikan Kemitraan Transisi Energi (JETP) Kelompok Tujuh senilai 20 miliar dolar AS yang ditandatangani November lalu.

Di bawah program tersebut, yang didanai baik dari sumber publik maupun swasta, Pemerintah Indonesia telah berjanji untuk menghentikan pembangkit listrik berbahan bakar batu bara pada tahun 2030, lebih cepat dari target awal tahun 2037, dan untuk menghasilkan 34 persen  listriknya dari sumber energi terbarukan pada akhir dekade ini. .

Dalam sebuah opini baru-baru ini, direktur Kamar Dagang Amerika Indonesia Wayne Forrest menggambarkan jalan Indonesia menuju masa depan EV sebagai “logis sekaligus membingungkan.”

Logis, dalam arti memiliki bahan baku yang melimpah untuk manufaktur bernilai tambah, katanya, namun membingungkan jika tidak bisa dilakukan dengan harga pasar yang terjangkau dan tanpa mendistorsi pasar internasional.

Dia mencatat bahwa meskipun Indonesia adalah produsen terbesar kedua di dunia, Indonesia tidak pernah memberlakukan larangan ekspor untuk karet, yang sama pentingnya untuk mobil bertenaga bensin seperti halnya nikel dan mineral lainnya sekarang untuk kendaraan listrik.

Forrest mengatakan terlepas dari peran sentralnya dalam kendaraan, karet terus memainkan peran penting dalam industri perawatan kesehatan di mana penggunaan bahan yang lebih baru untuk melindungi perawat dan dokter tidak akan tersebar luas jika ekspor dibatasi.

Tahun lalu, Indonesia memperoleh lebih dari 5 miliar dolar AS dari ekspor 3,14 juta metrik ton karet alam, yang sebagian besar ditanam di Sumatera Utara, Jawa Barat dan Jawa Timur serta Kalimantan dan memperkerjakan 1,3 juta pekerja.

sumber : asiatimes.com

Sentimen: positif (100%)