Menteri Teten Ingin Pemda Revitalisasi Pasar Tradisional, Jadi Wangi Seperti Ritel Modern dan Bisa Online
Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi
Sebelumnya dalam kesempatan dialog, Ika salah satu pedagang pasar sembako di Pasar Sememi mengatakan, di era teknologi saat ini pedagang pasar tak bisa hanya mengandalkan jualan secara konvensional tetapi juga harus secara online.
"Pengalaman saya berjualan online sangat menguntungkan dan memudahkan penjual maupun pembeli," katanya.
Senada, Robi pemilik usaha Fresh Fruit H Maimunah di Pasar Pucang, Surabaya ini mengaku, setelah bergabung dalam platform dan berjualan online sejak tahun 2022, ia mengaku mampu meraih omzet tertinggi mencapai Rp4 juta per hari dengan orderan sebanyak 50 order.
"Kalau sedang sepi minimal Rp700 ribu per hari. Tapi kalau sekarang rata-rata omzet yang saya dapat sebesar Rp2,9 juta per hari. Harus ada inovasi setiap hari supaya toko ramai. Yang terpenting pedagang juga harus ada inovasi dan memanfaatkan promo online," katanya.
Hingga Desember 2022, nilai ekonomi digital Indonesia mencapai sekitar 77 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp1.163,9 triliun dan diperkirakan akan naik menjadi 360 miliar dolar AS (Rp 5.442,05 triliun) pada 2025 atau naik 467 persen.
Potensi besar tersebut harus bisa dimanfaatkan oleh 127 ribu koperasi dan 64,19 juta pelaku UMKM Indonesia. Untuk itu kendala terkait rendahnya literasi digital, kapasitas produksi yang terbatas, kualitas produk yang tidak konsisten, serta penetrasi pasar yang rendah sebagai tantangan utama yang dihadapi harus bisa diatasi bersama.
Sentimen: positif (95.5%)