Sentimen
Informasi Tambahan
Grup Musik: EXO
Tokoh Terkait
Awali-Akhiri Hari dengan Keselamatan, KAI Raih 4 Penghargaan Bidang K3
Detik.com Jenis Media: Ekonomi
PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih 4 penghargaan bergengsi dalam ajang The Health, Safety, and Environment (HSE) Indonesia Award 2023 dari Majalah HSE. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan dan individu yang mengimplementasikan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan baik dan benar serta berkelanjutan demi mendukung kemajuan K3 nasional.
Adapun penghargaan yang diraih pada Jumat (16/6) ini antara lain The Best Project Concerned HSE 2023 (Transportation Services) dan The Greatest Champion of HSE Excellence of The Year 2023 (Transportation Services). Selain itu, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dinobatkan sebagai The Best CEO for HSE Corporate Excellence of The Year 2023 dan Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI Sandry Pasambuna meraih penghargaan The Best HSE Director of The Year 2023.
"Penghargaan ini kami dedikasikan untuk seluruh pegawai KAI yang secara berkelanjutan meningkatkan concern terhadap keselamatan dan kesehatan kerja serta pengelolaan lingkungan," ungkap Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulis, Minggu (18/6/2023),
"Mari kita terus membangun budaya keselamatan. Budaya keselamatan merupakan hal yang kita lakukan setiap hari. Untuk itu awali hari kita dengan keselamatan dan akhiri hari kita dengan keselamatan," sambungnya.
Menurut Didiek, penghargaan yang diraih pihaknya akan semakin memacu KAI untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Haparannya, moda transportasi kereta api akan tetap menjadi pilihan utama dalam bertransportasi jarak jauh maupun jarak dekat yang mengutamakan keamanan, keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan para pelanggan.
Sementara itu, Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI Sandry Pasambuna mengatakan KAI sebagai perusahaan yang bergerak di bisnis jasa transportasi selalu konsisten dan berkesinambungan dalam menerapkan prinsip-prinsip HSE. Menurutnya, keselamatan menjadi hal yang tak bisa ditawar dalam menjalankan proses bisnis KAI.
Ia menjabarkan penerapan K3 yang baik dalam tubuh KAI mampu memberikan perlindungan bagi para pekerja. Sekaligus memberikan perlindungan pada sumber-sumber produksi. Dengan demikian, K3 dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.
"Untuk mencapai kinerja keselamatan kelas dunia, keselamatan harus diintegrasikan ke dalam budaya perusahaan. Dengan kata lain, keselamatan harus menjadi bagian dari DNA perusahaan, bukan hanya sesuatu yang melekat padanya," kata Sandry.
Sandry menjabarkan setiap pekerja KAI dituntut dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dengan tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan sesuai dengan Standar Operasional Perusahaan (SOP) yang ditetapkan. KAI juga telah melakukan sertifikasi pegawai terkait K3 sesuai Peraturan Perundangan secara berkelanjutan, di antaranya Ahli K3 Umum, Ahli K3 Lingkungan Kerja, Ahli K3 Listrik Teknisi K3 Listrik, Petugas K3, dll. Selain pelatihan, pihaknya juga rutin melakukan sosialisasi terkait keselamatan dan kesehatan kerja.
Sejak 2020, ungkapnya, KAI telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Perkeretaapian (SMKP). Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 69 Tahun 2018 dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) sesuai PP No 50 tahun 2012.
SMKP wajib diterapkan secara berkelanjutan pada setiap satuan organisasi di kantor pusat dan daerah. Ruang lingkup penerapan SMKP meliputi keselamatan perkeretaapian serta keselamatan dan kesehatan kerja yang berlaku di seluruh lini bisnis KAI.
Untuk mengevaluasi penerapan SMKP, Direktorat Keselamatan dan Keamanan KAI akan melakukan audit secara internal. Sedangkan audit eksternal dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.
"KAI berkomitmen untuk menjalankan bisnis transportasi perkeretaapian dan kegiatan usaha lainnya dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja, keselamatan perkeretaapian, serta keamanan dan perlindungan lingkungan hidup," papar Sandry.
"Kebijakan keselamatan ini tentu kami berikan kepada pelanggan kita maupun kepada karyawan KAI sendiri. Jadi ini merupakan service excellence kami untuk semua mitra KAI," pungkasnya.
Simak Video "Pendaftaran Militer Kai EXO Dinilai Mendadak"
[-]
(ega/ega)
Sentimen: positif (100%)