Sentimen
Informasi Tambahan
Kab/Kota: Badung, Lombok
Tokoh Terkait
Beri Panggung UMKM, Tokopedia Hadirkan Halaman Khusus Rumah BUMN
Detik.com Jenis Media: Ekonomi
Halaman khusus berisi kumpulan produk UMKM binaan Kementerian BUMN RI 'Rumah BUMN' resmi meluncur di Tokopedia. Produk-produk di halaman ini merupakan produksi UMKM yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, mulai dari Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga Papua.
"Pemerintah menargetkan 30 juta pelaku UMKM bergabung dalam ekosistem digital pada tahun 2024 mendatang. Butuh kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan target tersebut. Kali ini, kami menggandeng Tokopedia untuk meluncurkan halaman kurasi produk UMKM binaan Kementerian BUMN RI di platform digital Tokopedia," kata Menteri BUMN RI Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Jumat (16/6/2023).
"Kami berharap, makin banyak pelaku UMKM yang go modern, go digital, go online dengan bergabung dan memanfaatkan panggung ini, dan di sisi lain, makin banyak masyarakat bangga buatan Indonesia," tuturnya.
Erick menjelaskan kontribusi UMKM terhadap PDB mencapai 60,5%, dan menyerap 96,9% dari total tenaga kerja nasional. Dia mengatakan tujuan didirikannya Rumah BUMN yaitu untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM. Karena menurutnya untuk menciptakan UMKM yang unggul dan tangguh merupakan tanggung jawab bersama.
"Kami mengapresiasi Tokopedia yang punya semangat yang sama dan konsisten dalam mendorong kemajuan UMKM," jelas Erick.
Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menambahkan pertumbuhan e-commerce cenderung terjadi merata di berbagai daerah di penjuru Indonesia.
Berdasarkan data Tokopedia, sepanjang kuartal I 2023 Lombok Utara (NTB), Natuna (Kepulauan Riau) dan Badung (Bali) menjadi wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah pelaku usaha, dengan kenaikan rata-rata hampir 30% dibandingkan kuartal I 2022.
"Selain itu, Tokopedia bisa diakses oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia. Melihat data pertumbuhan dan potensi yang sangat besar ini, Tokopedia-sebagai perusahaan teknologi Indonesia dengan marketplace yang terdiri dari lebih dari 14 juta penjual dan hampir 100%nya UMKM-terus berupaya membantu pelaku UMKM Indonesia menjadi pemeran utama dan makin menjadi pilihan masyarakat. Salah satu caranya adalah berkolaborasi dengan Kementerian BUMN RI, meluncurkan 'rumahnya UMKM Indonesia' Rumah BUMN di platform Tokopedia," tambah Astri.
Sebagai informasi, selain Rumah BUMN, Tokopedia telah melakukan sederet upaya dalam mendukung pegiat usaha lokal melalui berbagai inisiatif. Salah satunya dengan widget khusus Bangga Lokal pada halaman utama Tokopedia sebagai bentuk dukungan untuk Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).
"Tokopedia bersama Kemenves RI/BKPM juga melakukan sosialisasi dan memfasilitasi pelaku UMKM untuk memperoleh izin usaha (Nomor Induk Berusaha/NIB) secara online demi memberikan perlindungan hukum serta pendampingan bisnis. Sepanjang 2022, Tokopedia bersama pemerintah telah membantu lebih dari 5.000 pegiat UMKM mendaftar NIB," jelas Astri.
Tokopedia pun menggencarkan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging. Salah satu manifestasinya, yaitu Kumpulan Toko Pilihan (KTP) untuk mendekatkan penjual dengan pembeli terdekat. Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memudahkan penjual menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi, sehingga pelaku usaha tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
"Tokopedia juga memiliki halaman Pusat Edukasi Seller yang menyediakan berbagai materi edukasi pengembangan usaha yang bisa diakses gratis oleh pelaku UMKM. Di dalamnya, juga terdapat Modul Literasi Keuangan hasil kolaborasi Tokopedia bersama Bank Indonesia dan OJK guna meningkatkan literasi keuangan pelaku UMKM lokal," tutup Astri.
Bersambung ke halaman selanjutnya. Langsung klik
Sentimen: positif (100%)