Shopee-Tokopedia Bisa Panik, TikTok dan RI Makin 'Bestie'
CNBCindonesia.com Jenis Media: Tekno
Jakarta, CNBC Indonesia - CEO TikTok Shou Zi Chew bertandang ke Indonesia dan dijadwalkan akan menggelar acara dengan media pada Kamis (15/6/2023) besok. Sebelum itu, Shou terlebih dulu sowan ke Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan pada hari ini, Rabu (14/6/2023).
Dalam pertemuan tersebut, Zulkifli Hasan mengatakan TikTok memiliki pengaruh besar terhadap ekosistem usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia, khususnya dalam mempercepat proses digitalisasi.
Menurut dia, keberadaan platform seperti TikTok membuat produsen dan pembeli bisa terhubung secara langsung. Dengan begitu, tak perlu ada rantai distribusi yang panjang dan memakan biaya.
"Tidak hanya menjadi platform hiburan, TikTok juga berpengaruh besar terhadap ekosistem UMKM Indonesia. Kami senang, perkembangan digital seperti TikTok mempermudah pertemuan antara pembeli dengan produsen," kata Zulkifli pada Shou, dikutip dari keterangan resmi yang diterima CNBC Indonesia.
Sementara itu, Shou mengungkapkan kunjungannya ke Indonesia secara khusus ingin bertemu dengan Mendag untuk berterima kasih secara langsung.
Salah satunya dengan penerbitan izin TikTok Shop di Indonesia. Saat ini, sebanyak 5 juta pelaku bisnis dari masyarakat Indonesia menggunakan platform TikTok.
Dari jumlah tersebut, mayoritas adalah UMKM dan 2 juta di antaranya berjualan melalui TikTok Shop. Shou sesumbar platform-nya akan terus mengutamakan keamanan dan keselamatan bagi penjual dan pembeli di Indonesia.
"Saya ingin bekerja dengan regulator untuk memastikan bahwa TikTok akan aman untuk pengguna Indonesia. Salah satu harapannya adalah barang Indonesia dapat dijual tak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri melalui platform TikTok," kata dia.
Shou berkomitmen untuk terus berkembang dan berinvestasi di Indonesia. Ia mengatakan Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting di dunia dan pasar terpenting kawasan Asia Tenggara.
[-]
-
Bukan Shopee atau Tokopedia, Ternyata Ini Raja E-commerce RI(fab/fab)
Sentimen: positif (99.4%)