Sentimen
Negatif (94%)
27 Mei 2023 : 01.02
Informasi Tambahan

Brand/Merek: Toyota, Tesla, Ford, Geely

Kab/Kota: Michigan

Tokoh Terkait
Morgan

Morgan

Jim Farley

Jim Farley

Mobil Listrik China Jadi Pesaing Utama Ford, GM dan Toyota tak Dianggap

27 Mei 2023 : 01.02 Views 1

Republika.co.id Republika.co.id Jenis Media: Otomotif

Mobil Listrik China Jadi Pesaing Utama Ford, GM dan Toyota tak Dianggap

Ford Ranger Raptor terlihat di acara Ford di Michigan, AS, 5 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - CEO Ford Motor Co Jim Farley mengatakan, produsen mobil listrik China adalah saingan utamanya di sektor kendaraan listrik. Selain itu Ford menurutnya memiliki rintangan untuk bersaing dengan produsen mobil listrik China dalam hal biaya terkait skala produksi yang lebih kecil.

"Saya pikir kita melihat China sebagai pesaing utama, bukan GM atau Toyota," kata Farley di Morgan Stanley Sustainable Finance Summit. "Orang Cina akan menjadi pembangkit tenaga listrik," katanya sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (26/5/2023).

China, pasar mobil terbesar di dunia, memiliki beberapa teknologi baterai terbaik dan mendominasi produksi EV, kata Farley. Dia mengutip BYD, Geely , Great Wall, Changan SAIC sebagai salah satu "pemenang" di antara pembuat mobil China.

Untuk mengalahkan pembuat mobil Cina, Farley mengatakan Ford membutuhkan merek yang berbeda, yang menurutnya memiliki, atau biaya yang lebih rendah. "Tapi bagaimana Anda mengalahkan mereka dalam hal biaya jika skalanya lima kali lipat dari skala Anda?" kata Farly. "Orang Eropa membiarkan (produsen China) masuk - jadi sekarang mereka menjual dalam volume tinggi di Eropa."

Ford pada Februari menyatakan akan menginvestasikan 3,5 miliar dolar AS untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Michigan menggunakan teknologi dari mitra Cina CATL untuk memproduksi baterai dengan biaya lebih rendah.

Departemen Keuangan AS masih harus mengeluarkan aturan akhir tahun ini yang akan menentukan apakah pengaturan Ford SAIC melanggar larangan "Foreign Entities of Concern" yang merupakan bagian dari kredit pajak EV senilai 7.500 dolar AS. Ford menghadapi kritik dari Senator Marco Rubio atas rencana tersebut.

Ford berupaya memotong biaya di China di mana penjualannya merosot sejak 2016. Perusahaan asal AS tersebut sedang merestrukturisasi operasi di sana untuk mengubah salah satu usaha patungannya menjadi pusat ekspor untuk kendaraan listrik dan mobil pembakaran internal komersial berbiaya rendah.

Pada Januari lalu, CEO Tesla Elon Musk berkata tentang pembuat mobil Cina: Mereka bekerja paling keras dan mereka bekerja paling cerdas. ... Jadi kami menduga, mungkin ada beberapa perusahaan dari China yang paling mungkin menjadi yang kedua setelah Tesla."

sumber : Reuters

Sentimen: negatif (94.1%)