Cara Pakai Instagram Reels yang Kini Jadi 60 Detik
CNNindonesia.com Jenis Media: Tekno
Instagram dilaporkan telah memperbarui fitur Reels dengan menambah durasi tayangan hingga 60 detik, serupa dengan pilihan durasi tayangan video TikTok.
Pembaruan itu diungkap Instagram lewat akun Twitter. Instagram membagikan postingan dengan sebuah meme yang seolah menghubungkan durasi tayangan reels hingga 60 detik.
[Gambas:Twitter]
Instagram juga menambahkan fitur capiton yang dapat menyalin audio dalam bentuk teks. Instagram sebelumnya memberi bocoran fitur ini untuk Reels ketika mereka menambahkannya ke Stories.
Fitur baru iitu diklaim dapat mempermudah penyandang tuna rungu serta pengguna Instagram lain yang ingin menonton video di Reels tanpa suara.
Namun saat ini, fitur itu hanya tersedia terbatas di beberapa negara berbahasa Inggris. Tetapi Instagram mengatakan mereka berencana untuk segera memperluas ke negara dan bahasa lainnya.
Sebelumnya Instagram hanya mendukung durasi pemutaran video di Reel 30 detik, sementara TikTok baru-baru ini memungkinkan pengguna untuk membuat video hingga tiga menit.
Tech Crunch menyebut bahwa kemampuan memposting Reel 60 detik sangat berguna bagi pembuat konten yang ingin memposting ulang konten, namun sudah diunggah di platform pesaing lain.
Jadi, fitur ini bisa menguntungkan kreator Instagram yang juga memiliki pengikut di TikTok, menurut laporan The Verge.
Semakin banyak perhatian pengguna pada Reels maka semakin baik, karena Algoritma Instagram tidak mempromosikan konten dengan water mark, tetapi pengguna yang cerdas telah menemukan cara untuk mendaur ulang video mereka.
Cara pakai Instagram Reels 60 detik
Untuk mengakses fitur itu, navigasikan untuk membuat Reel baru, lalu tekan tombol bawah di sisi kiri layar untuk membuka menu.
Ketuk agak lama untuk menampilkan opsi membuat Reel 15 detik, 30 detik, atau 60 detik. Saat ini fitur durasi hingga 60 detik belum tersedia bagi semua pengguna, tetapi perlahan akan segera diluncurkan ke seluruh pengguna.
Tidak hanya TikTok dan Instagram, saat ini juga ada pemain baru yaitu YouTube Shorts dan Snapchat's Spotlight. Keduanya juga mendukung tayangan video hingga 60 detik.
Pada bulan Mei, YouTube Shorts meluncurkan dana kreator sebesar US$100 juta atau sekitar Rp1.4 triliun (kurs Rp14.491) untuk didistribusikan kepada para kreator Shorts teratas selama tahun 2021 dan 2022.
Snapchat juga mendistribusikan US$1 juta per hari atau senilai Rp14 miliar kepada kreator Spotlight yang viral antara peluncuran akhir November hingga akhir 2020. Facebook dan Instagram juga telah berkomitmen untuk berinvestasi pada kreator digital.
(can/eks)[-]
Sentimen: positif (66.6%)