Sentimen
Positif (65%)
19 Mei 2023 : 20.16
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Jayapura

Tokoh Terkait

Menpan RB Azwar Anas Resmikan Mal Pelayanan Publik Pertama di Papua

19 Mei 2023 : 20.16 Views 3

Liputan6.com Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi

Menpan RB Azwar Anas Resmikan Mal Pelayanan Publik Pertama di Papua

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas meresmikan mal pelayanan publik pertama di Papua. Ini dinilai jadi bukti kepedulian pelayanan pemerintah pusat ke berbagai daerah, termasuk Indonesia Timur.

Mal Pelayanan Publik (MPP) kini telah hadir dan resmi beroperasi di Tanah Papua, tepatnya di Kota Jayapura.

"Selamat atas diresmikannya MPP Kota Jayapura. Ini menjadi tonggak sejarah sebagai MPP pertama yang diresmikan di Pulau Papua, sekaligus menjadi MPP ke-120 di seluruh Indonesia," ungkap Menpan Anas dalam peresmian, mengutip keterangan resmi, Jumat (19/5/2023).

Menurutnya, kehadiran MPP di berbagai daerah Indonesia ini menunjukkan Indonesia-sentris bukan hanya terkait infrastruktur. Indonesia-sentris juga meliputi sektor pelayanan publik yang ramah bagi masyarakat Indonesia.

“Kehadiran MPP di Papua ini sebagai bukti bahwa Indonesia-Sentris di era Presiden Jokowi tidak hanya dalam arti infrastruktur fisik saja, tapi juga dalam hal pelayanan publik yang harus merata ke seluruh penjuru Tanah Air," kata dia.

"Saat ini 45 persen dari total 120 MPP ada di luar Jawa. “Dan 42 persen rintisan MPP Digital ada di luar Jawa. Ini menunjukkan komitmen pemerintah utk mendukung pemerataan kualitas pelayanan publik agar tidak terkonsentrasi di Jawa saja,” sambung Menpan Anas.

Kehadiran MPP di Kota Seribu Pinang ini menjadi fasilitas dari pemerintah untuk masyarakat Kota Jayapura agar mudah dalam mengakses beragam layanan publik. Terlebih MPP Kota Jayapura berdiri di lokasi strategis, yakni di Terminal Tipe A Entrop, yang merupakan pusat mobilisasi masyarakat Jayapura.

Melalui MPP, masyarakat kini hanya perlu datang ke satu tempat untuk mengurus perizinan dan pelayanan administratif, serta dapat mengakses informasi seputar pelayanan publik. Di sini, sebanyak 99 layanan dari 21 instansi tersedia untuk berbagai kebutuhan masyarakat Jayapura dan sekitarnya.

 

Sentimen: positif (65.3%)