Sentimen
Positif (92%)
15 Mei 2023 : 13.51
Informasi Tambahan

Brand/Merek: Tesla

Grup Musik: iKON

Kasus: covid-19

Tokoh Terkait

Pakai Clubhouse Lagi Tak Perlu Undangan, Ganti Logo

15 Mei 2023 : 13.51 Views 1

CNNindonesia.com CNNindonesia.com Jenis Media: Tekno

Pakai Clubhouse Lagi Tak Perlu Undangan, Ganti Logo
Jakarta, CNN Indonesia --

Clubhouse mengubah logo dan kini aplikasi audio miliknya itu sudah terbuka untuk seluruh pengguna iOS dan Android, tak perlu lagi undangan.

Clubhouse merupakan wadah virtual untuk bercakap dan berdiskusi lewat audio. Sebelumnya, aplikasi ini terasa sangat eksklusif karena hanya tersedia untuk pengguna iOS. Selain itu, untuk bisa menggunakan aplikasi yang saat itu masih dalam tahap beta, pengguna mesti mendapat undangan.

Aplikasi itu diuncurkan pada Maret 2020, ketika pandemi Covid-19 mulai merebak dan banyak yang terjebak di rumah.

-

-

Dikutip Mashable, walaupun belum genap setahun berdiri, pada Januari 2021 Clubhouse dilaporkan bernilai US$1 miliar atau senilai Rp14,4 triliun (kurs Rp14.477). 

Pendiri Clubhouse Paul Davidson dan Rohan Seth dalam postingan blognya mengatakan bahwa mereka berencana untuk memperluas platform secepat yang mereka bisa.

Perusahaan itu pada Rabu lalu mengklaim bahwa versi Android dari aplikasi Clubhouse yang diluncurkan pada Mei 2021 telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna.

"Sistem undangan telah menjadi bagian penting dari sejarah awal kami, dan menumbuhkan Clubhouse dengan cara yang terukur," ujar Davison dan Seth dalam posting blog, seperti dikutip CNN. 

Meski begitu keputusan untuk membuka platform kepada pengguna yang lebih meluas datang karena aplikasi harus bersaing dengan beberapa platform yang serupa membuat fitur tersebut, seperti salah satunya Spaces di Twitter.

Aplikasi ini juga memperbarui ikon mereka setiap bulan. Ikon bulan ini adalah Justin "Meezy" Williams, seorang wirausahawan, manajer 21 Savage, dan salah satu operator paling terkemuka di kancah musik Atlanta, Amerika Serikat (AS), seperti dilaporkan Fone Arena. 

Aplikasi itu mulai dikenal banyak pengguna smartphone usai CEO Tesla, Elon Musk dan sederet pengusaha, selebritas dan tokoh dunia bergabung dan berbincang di platform tersebut.

Menurut data dari Sensor Tower, yang melacak pengguna pada aplikasi seluler, Clubhouse disebut telah mengalami penurunan yang signifika dalam unduhan iOS beberapa bulan terakhir.

Dari puncak pengunduh 9,6 juta unduhan pada Februari 2021, kini menjadi hanya 719 ribu pada Mei. Namun secara keseluruhan aplikasi itu telah mencapai sekitar 29,8 juta penginstalan secara global di App Store dan Google Play.

Meski unduhan dinilai menurun, pihak aplikasi mengklaim setiap harinya sekitar 500 ribu ruang obrolan dibuat di platform itu. Clubhouse juga mengembangkan fitur teks yang dapat dikirimkan kepada pengguna lain yang disebut Backchannel.

(can/eks)

[-]

Sentimen: positif (92.8%)