Geger LockBit Ngaku Retas Data Nasabah, BSI dan OJK Buka Suara
Detik.com Jenis Media: Ekonomi
Pengakuai LockBit sebagai pihak yang melakukan peretasan terhadap data nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) sontak bikin geger.
Bagaimana tidak, sudah beberapa hari terakhir, BSI mengalami gangguan layanan hingga bikin nasabahnya pusing tujuh keliling.
Meski demikian, kini sistem BSI sudah mulai berangsur pulih dan masyarakat sudah bisa menggunakan kembali layanan bank hasil merger tiga bank syariah tersebut.
Pihak BSI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah buka suara terkait masalah ini. Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengungkapkan jika data nasabah dipastikan aman.
Hery mengungkapkan gangguan yang dialami IT BSI dapat segera dipulihkan.
"Gangguan di IT BSI sebenarnya telah dapat dipulihkan (recover operation) segera dan ini merupakan response recovery yang baik. Prioritas utama kami menjaga data dan dana nasabah," ujar Hery dalam siaran pers.
Dia menuturkan bahwa BSI juga terus memperkuat keamanan teknologi perseroan dalam divisi khusus yang berada di bawah CISO (Chief Information and Security Officer).
"CISO ini kerjanya sama seperti satpam fisiK, melakukan ronda, tapi ronda dari sisi teknologi. CISO akan melihat titik-titik weak point yang harus ditutup. Itu adalah satu upaya untuk melindungi data-data nasabah," kata Hery.
"BSI terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan otoritas terkait, akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan dan comply terhadap aturan yang berlaku," jelas dia.
Bagaimana kondisi layanan BSI saat ini? Buka halaman selanjutnya.Sentimen: positif (44.4%)