Sentimen
Informasi Tambahan
Grup Musik: APRIL
Kasus: covid-19, pengangguran
Tokoh Terkait
Intip Sepak Terjang Presiden Unit Bisnis E-commerce GoTo
CNBCindonesia.com Jenis Media: Tekno
Jakarta, CNBC Indonesia - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) beberapa waktu lalu mengumumkan jajaran kepemimpinan baru untuk mendorong tata kelola perusahaan dan mendukung akselerasi profitabilitas. Sejumlah tongkat estafet kepemimpinan diteruskan, salah satunya kepada Melissa Siska Juminto, yang kini menjabat sebagai Presiden unit bisnis E-commerce GoTo (Tokopedia)
Sebelumnya, wanita yang akrab disapa ini Mel menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Tokopedia. Melissa mengarungi perjalanan panjang hingga berada di posisinya saat ini.
Tokopedia merupakan perusahaan pertama di mana Melissa memulai kariernya. Bergabung pada 2012 sebagai karyawan ke-44, Melissa menjadi akuntan satu-satunya ketika Tokopedia masih berstatus perusahaan rintisan.
Berselang dua tahun, Melissa berpindah haluan menjadi Vice President of Business. Kepiawaiannya mengelola bisnis pun tercermin dari caranya mengedepankan analisis keuangan perusahaan dalam perencanaan strategi pertumbuhan bisnis.
"Di awal Tokopedia, semua orang mengerjakan segala hal karena timnya masih kecil. Saat Melissa menjadi akuntan perusahaan, ia juga menaruh perhatian besar terhadap pengembangan bisnis melalui tim Bisnis dan Marketing dan menangani kerja sama dengan mitra perbankan dan logistik. Ia pun ikut memantau analisis data dari setiap investasi yang dikeluarkan untuk kegiatan beriklan. Jadi, dari hari-hari pertama pun, Melissa memang sudah melakoni peran sebagai pemimpin perusahaan," kata Tokopedia Academy Lead Siti Fauziah, yang merasakan bekerja bersama Melissa di tahun-tahun awal Tokopedia, dalam keterangan tertulis, Senin (8/5/2023).
Pertumbuhan Karier Melissa di Tokopedia
Lebih lanjut, pada 2018, Melissa diangkat sebagai COO Tokopedia dan bertanggung jawab atas keseluruhan operasional perusahaan. Meliputi operasional kantor, mendorong pertumbuhan bisnis, hingga menjadi partner CEO dalam merumuskan arah bisnis dan kebijakan yang mengikutinya.
Dalam kurun waktu singkat di bawah kepemimpinannya sebagai COO, Tokopedia berhasil menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar perusahaan dengan pertumbuhan tercepat berdasarkan pendapatan dalam indeks Asia Pacific Technology Fast 500 oleh Deloitte Touche Tohmatsu (Deloitte) 2020. Di mana Tokopedia berhasil mencatat pertumbuhan sebesar 608%.
Berkat determinasi dan kesuksesannya mendorong pertumbuhan bisnis di Tokopedia, Melissa berhasil masuk dalam daftar '40 Under 40' sebagai salah satu tokoh yang mampu menjadi agen perubahan di sektor bisnis. Ia juga terpilih menjadi salah satu dari sembilan pemimpin bisnis di Asia yang mendapatkan penghargaan oleh Michael Page atas pencapaiannya dalam mengarahkan perusahaan menuju kesuksesan jangka panjang di tengah lanskap bisnis yang selalu berubah.
Inovasi Produk Dorong Relevansi Bisnis
Melissa juga menaruh perhatian terhadap pemberdayaan pelaku usaha lokal di Indonesia. Di bawah kepemimpinannya, saat pandemi Tokopedia memastikan komitmen menjadi platform andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan harian, memperkuat resiliensi pelaku usaha lokal, sekaligus membantu mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.
Satu dari banyak inisiatif Tokopedia kala pandemi adalah Inisiatif Hyperlocal yang bertujuan untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. Sehingga memberikan panggung yang lebih besar bagi pelaku usaha lokal dan menciptakan peluang, bahkan di tengah pandemi.
Sejak diluncurkan pada April 2020, Inisiatif Hyperlocal berkontribusi dalam mendongkrak penjualan dan menjaga ekonomi Indonesia di tengah pandemi. Inisiatif ini pun tetap dijalankan bahkan setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Covid-19) dihapuskan di akhir 2022 lalu.
Dalam riset yang dirilis Tokopedia bersama Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), rata-rata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia meningkat 147% pada periode 2020-2021 dibandingkan 2017-2019. Riset ini juga menunjukkan rata-rata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal lebih besar 5 kali lipat dibandingkan kota tanpa Hyperlocal.
Di periode yang sama, inisiatif ini pun mampu menahan laju peningkatan pengangguran dan kemiskinan. Di mana kota-kota dengan Hyperlocal memiliki tingkat kemiskinan yang lebih rendah sebesar 0,14% dibandingkan kota-kota tanpa Hyperlocal.
Untuk mendukung akselerasi profitabilitas perusahaan, Melissa bersama tim juga meluncurkan Tokopedia Marketing Solutions, yakni solusi pemasaran untuk membantu pelaku bisnis mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Tokopedia Marketing Solutions juga membantu pelaku bisnis menargetkan iklan ke profil konsumen yang tepat melalui pemanfaatan data konsumen sesuai regulasi yang berlaku serta prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi.
Berdasarkan data internal, Tokopedia Marketing Solutions mengalami pertumbuhan nilai investasi iklan sebesar 17 kali lipat pada semester I-2022 dan pertumbuhan jumlah mitra strategis dari penjual berskala menengah sampai besar sebanyak 30 kali lipat di periode yang sama.
Di sisi lain, untuk menjawab tantangan logistik di Indonesia, Tokopedia melihat peluang dengan memperkenalkan gudang pintar 'Dilayani Tokopedia', penyedia layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual termasuk UMKM menitipkan produk di wilayah dengan permintaan tinggi, sekaligus membantu masyarakat mendapatkan produk lebih cepat dengan ongkos kirim murah.
Diketahui sepanjang kuartal III-2022, jumlah pembeli yang menggunakan Dilayani Tokopedia naik 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, sedangkan jumlah transaksinya melonjak lebih dari 2 kali lipat. Selain itu, jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia juga meningkat lebih dari 2 kali lipat pada kurun waktu yang sama.
Tokopedia juga menghadirkan sejumlah inovasi teknologi untuk mengikuti perubahan perilaku konsumen di era social commerce. Salah satunya melalui kanal video streaming 'Tokopedia Play' yang diluncurkan sejak 2018.
Melalui kanal ini, masyarakat bisa mencari inspirasi sambil berbelanja lewat berbagai tayangan, seperti live shopping, memasak, olahraga, berkreasi, dan lain-lain. Antusiasme pengguna akan fitur ini ditunjukkan dengan peningkatan jumlah transaksi melalui Tokopedia Play sebesar lebih dari tiga kali lipat.
Tokopedia juga menghadirkan program 'Tokopedia Affiliate'. Masyarakat bisa mendaftar sebagai Affiliate dan mempromosikan jutaan produk yang ada di Tokopedia menggunakan link khusus di media sosial mereka. Jika produk berhasil terjual melalui link tersebut, Affiliate mendapatkan komisi hingga 10%. Sejak diluncurkan pada Maret 2022, jumlah Affiliate terdaftar sudah mencapai ratusan ribu orang.
Mentalitas Founder
Pendiri Tokopedia William Tanuwijaya di hari ia menyerahkan jabatannya di Tokopedia kepada Melissa, mengatakan Melissa memiliki founder mentality dan rasa kepemilikan yang kuat terhadap perusahaan. Menurut dia, beberapa tahun terakhir, Melissa yang memimpin Tokopedia dalam kesehariannya.
"Dalam perjalanan kariernya, lewat growth mindset yang dimiliki, apa pun tantangan dan kesempatan yang diberikan. Mulai dari membangun team marketing hingga team bisnis dari nol; dari role akuntan, VP, Chief of Staff, dan COO dijalankan dengan maksimal. Dari Mel saya belajar bahwa founder mentality dapat dimiliki siapa pun. Bukan saja oleh para pendiri perusahaan di hari pertama. Pemimpin terbaik dalam perusahaan semuanya memiliki rasa kepemilikan yang begitu kuat seakan merekalah pendiri perusahaan," kata dia.
Adapun Melissa mengaku, tongkat estafet kepemimpinan yang diterimanya menjadi mandat dan kepercayaan besar. Dia menegaskan, Indonesia akan tetap menjadi fokus utama Tokopedia dan memperkuat fundamental bisnis serta membangun infrastruktur teknologi untuk menuju cita-cita pemerataan ekonomi secara digital.
"Dengan membangun sebuah Super Ecosystem bersama GoTo, kami ingin Tokopedia semakin mendorong pertumbuhan UMKM lokal di seluruh Indonesia sambil meningkatkan inklusi keuangan, dan mempermudah kehidupan ratusan juta masyarakat Indonesia melalui teknologi. Lewat integrasi, kolaborasi, dan kesamaan visi dalam ekosistem GoTo juga, kami berharap bisa menciptakan sebuah ekosistem digital yang lebih kuat, komprehensif, dan mandiri menuju babak pertumbuhan bisnis yang lebih lanjut," pungkas Melissa.
[-]
-
Dorong Bisnis, GoTo Tunjuk Presiden Baru di 3 Unit Bisnis(dpu/dpu)
Sentimen: positif (100%)