Instagram Siap-siap Bikin Konten Berbayar
CNNindonesia.com Jenis Media: Tekno
Instagram disebut bakal siapkan fitur baru berupa konten berbayar yang akan ditempatkan di Stories dan dinamakan Exclusive Stories.
Dengan fitur ini, para pembuat konten bisa membuat konten khusus yang mewajibkan para pengikut mereka membayar untuk bisa mengakses layanan itu.
Layanan ini serupa dengan fitur Super Follow Twitter. Fitur anyar Twitter ini membuat kreator konten untuk mempublikasikan konten eksklusif ke Stories khusus untuk para pengguna yang membayar biaya langganan.
Instagram mengakui tangkapan layar dari fitur baru yang sedang dikembangkan itu berasal dari prototipe internal. Namun, perusahaan media sosial itu enggan memberikan detil lebih lanjut soal fitur anyar ini.
[Gambas:Twitter]
Dari tangkapan layar yang dibocorkan oleh @alex193a menunjukkan konten eksklusif ini bisa dibuat oleh pemilik akun lewat Stories mereka.
Fitur eksklusif ini akan memiliki lingkaran warna khusus berwarna ungu. Serupa dengan konten yang hanya dibagikan ke teman dekat akan diberi lingkaran hijau.
Stories eksklusif ini berisi keterangan "hanya untuk anggota" yang bisa melihat konten ini. Meski bisa ditayangkan di layar, konten ini menurut keterangan tak bisa ditangkap layar (screen shot).
Stories khusus ini bisa disimpan di bilah Highlight. Akan ditambahkan instruksi baru untuk menyimpan di Highlight yang berbunyi "simpan Highlight ini untuk fans Anda".
Fitur baru ini dibocorkan oleh Alessandro Paluzzi yang kerap memberi informasi pengembangan fitur baru Instagram dengan membongkar kode pengembangan apliaksi itu, seperti dikutip TechCrunch.
Penambahan fitur ini menjadi salah satu cara Instagram untuk menambah cara monetisasi para pembuat konten di layanan itu. Meski demikian, belum ada pernyataan resmi Instagram soal fitur baru ini.
Melansir The Verge, mereka lebih memilih untuk menyebut konteks besar pengembangan produk dengan menambahkan fitur berlangganan dan tips seperti diutarakan CEO Instagram Adam Mosseri.
(eks/eks)[-]
Sentimen: positif (76.2%)